Ini yang Perlu Disiapkan Fresh Graduate Saat Cari Kerja

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 21 Mar 2018 11:45 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Mencari pekerjaan menjadi tantangan pertama bagi fresh graduate. Tantangan itu pun sebaiknya diatasi dengan baik mengingat pekerjaan pertama sangat penting untuk karier ke depannya. Salah satu tips sukses cari kerja untuk fresh graduate adalah memastikan bahwa Anda memiliki apa yang dicari perusahaan dari calon pekerja. Pemimpin dari tiga perusahaan besar pun mengungkap pendapatnya mengenai hal yang perlu disiapkan fresh graduate saat cari kerja.

Untuk dapat pekerjaan apalagi yang sesuai impian, ijazah saja belum tentu cukup. Anda perlu memiliki gabungan dari kemampuan, minat, dan kepribadian yang baik. Ongki Kurniawan selaku Managing Director GrabPay Indonesia pun berpendapat serupa. Selain kemampuan, ini empat hal yang dilihatnya dari fresh graduate setiap interview kerja.

"Pertama adalah kejujuran, kami melihat integritasi orang sebagai pemimpin. Kedua keinginan besar yang nantinya menentukan ketahanan. Lalu kemampuan untuk menerima dan mengatasi kesalahan karena tidak ada yang sempurna dan kita harus mau terus belajar," kata Ongki di acara LinkedIn Dream Jobs di EV Hive D.Lab, Jakarta Pusat, Selasa, (20/3/2018).

Baca Juga: 6 Cara Sukses Cari Kerja Dalam Waktu Sebulan

"Dan yang paling penting adalah hati. Perusahaan kami berdampak pada orang. Kami melihat para driver sebagai partner, mereka adalah mikrowirausahawan yang bekerja sendiri," tambah Ongki.

Berbeda lagi dengan Jaraslov Gaisler yang merupakan Chief Executive Officer di Home Credit Indonesia. Pria asal Ceko mengaku lebih mengedepankan rasa penasaran dan kemampuan beradaptasi.

Baca Juga: 5 Cara Mendapatkan Pekerjaan dari LinkedIn

"Rasa penasaran membuat seseorang ingin berkembang. Aku juga mencari kemampuan belajar hal baru secara terus menerus karena pekerjaan kami selalu berubah. Lalu fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi. Orang yang mau mengambil risiko baru atau belajar kemampuan baru," ungkap Jaraslov.

Sedangkan Olivier Legrand selaku Managing Director APAC LinkedIn mengedepankan para fresh graduate dengan pola pikir hingga fokus yang baik. "Orang yang punya pola pikir tidak mudah menyerah, pekerjaan kita selalu berubah jadi jangan pikir semua akan berjalan lambat. Inovatif dan berminat mencari cara dan solusi baru," tutur pria asal Prancis tersebut. (ami/ami)