Penelitian: Wanita dengan Makeup Tebal Tidak Dipercaya Jadi Bos

Kiki Oktaviani - wolipop Rabu, 21 Mar 2018 06:33 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Skotlandia - Sebuah penelitian mengungkap efek makeup yang terlalu tebal di tempat kerja. Jika makeup dianggap bisa memberikan persepsi yang baik ternyata tidak sepenuhnya benar menurut penelitian.

Penelitian dari Abertay University di Dundee, Skotlandia membandingkan wanita yang menggunakan dan tidak menggunakan makeup di tempat kerja. Eksperimen tersebut mempelihatkan 16 pasang foto wanita yang menggunakan makeup dan tidak menggunakan makeup sama sekali.

Baca Juga: Penelitian: Pakai Makeup Tebal Seperti Kylie Jenner Buat Pria Ilfil

Penelitian: Wanita dengan Makeup Tebal Tidak Dipercaya Jadi BosFoto: Thinkstock


Responden penelitian diminta memilih mana yang lebih baik menjadi pemimpin di antara dua foto yang ada. Hasilnya, wanita yang menggunakan makeup dianggap sebagai bos yang negatif oleh responden wanita dan pria.

"Penelitian ini mengikuti stigma yang ada atau yang sering kali disarankan bahwa menggunakan makeup dapat meningkatkan kedominanan wanita," kata Dr. Christopher Watkins, psikologi dari universitas yang menyelenggarakan penelitian tersebut.

Baca Juga: Alasan Remaja Tak Perlu Menggunakan Make-up Tebal di Usia Muda

"Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa orang lebih akan menunjukkan rasa hormat pada mereka yang seseorang dengan wajah yang cantik. Sementara penelitian kami menunjukkan bahwa makeup tidak meningkatkan dominasi wanita dalam peran kepemimpinannya," tambah Dr. Christopher

Penelitian sebelumnya memang kontradiktif. Di mana dalam penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard pada 2016 menemukan bahwa wanita yang menggunakan makeup dinilai lebih mampu bekerja dan lebih sering dipromosikan naik jabatan.


(kik/kik)