Hidup Jangan Terlalu Royal, Ini Tips untuk Pengantin Baru Agar Bisa Menabung

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 26 Feb 2018 18:21 WIB
Foto: Ist.
Jakarta - Bagi pengantin baru, mengatur keuangan rumah tangga bukanlah hal yang mudah. Kurangnya pengalaman dan kebiasaan lama seringkali menjadi kendala. Apalagi jika saat single dulu Anda dengan royalnya mengeluarkan uang untuk membeli barang. Bisa-bisa saat menikah nanti, keuangan Anda malah jadi defisit.

Agar bisa meninggalkan kebiasaan lama saat masih single, simak beberapa tips menghemat pengeluaran dalam rumah tangga berikut ini.

1. Buat Catatan Pengeluaran Pribadi

Hidup Jangan Terlalu Royal, Ini Tips untuk Pengantin Baru Agar Bisa MenabungFoto: iStock

Jadikan catatan ini seperti diary atau jurnal pribadi. Tulis hal-hal apa saja yang telah Anda beli selama bulan ini. Di akhir bulan, Anda bisa me-review catatan tersebut. Catatan itu juga bisa menjadi bahan introspeksi diri saat Anda membeli sesuatu over-budget.

2. Gunakan Metode Amplop

Hidup Jangan Terlalu Royal, Ini Tips untuk Pengantin Baru Agar Bisa MenabungFoto: Ari Saputra

Jika takut uang yang Anda pegang akan terpakai untuk hal-hal yang kurang penting, coba gunakan amplop untuk menyimpannya. Tuliskan kegunaan uang di amplop misalnya bayar listrik, belanja kebutuhan bulanan, membayar sekolah anak-anak dan sebagainya. Pisahkan tiap-tiap amplopnya, sehingga pengeluaran yang utama tidak terbengkalai. Sisanya bisa Anda gunakan untuk berwisata atau menabung.

3. Pilah-pilih Pengeluaran

Hidup Jangan Terlalu Royal, Ini Tips untuk Pengantin Baru Agar Bisa MenabungFoto: iStock

Pendapatan Anda dan pasangan tidak sesuai pengeluaran? Inilah saatnya memangkas pengeluaran dengan memilih skala prioritas. Misalnya jika biasanya Anda memiliki jadwal makan malam di restoran mewah pada dua minggu sekali, coba ubah menjadi satu bulan sekali.

Jika saat single Anda biasa nge-gym di tempat yang mewah, facial dua minggu sekali di salon ternama dan sebagainya, sebaiknya kurangi kegiatan tersebut. Sebagai gantinya, Anda bisa melakukan olahraga dengan cara jogging bersama keluarga atau membeli DVD aerobic dan melakukannya sendiri di rumah.

Ketika Anda bisa menghemat pengeluaran, otomatis akan ada uang yang tadinya dibelanjakan kini bisa ditabung. Agar Anda semakin untung, pilihlah tabungan yang memberikan keuntunga.

Seperti program menabung dari Bank Mega yang menawarkan program undian baru, yaitu Mega Super Vaganza Gemilang Emas. Program yang memberikan ratusan keping emas dan hadiah berupa voucher kepada para nasabah. Program ini telah berlangsung sejak 25 September 2017 dan berakhir 11 Maret 2018.

Setiap minggu Bank Mega mengundi nasabah yang akan mendapatkan emas 10 gram untuk 30 pemenang, emas 100 gram untuk 1 pemenang (setiap minggu) dan emas 500 gram untuk 2 pemenang (akhir periode) serta voucher belanja CT Corp setiap bulan.

(eny/eny)