Sosok di Balik Kesuksesan Selebgram Ungkap Cara Dapat Uang dari Instagram

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 13 Feb 2018 18:07 WIB
Foto: Instagram Foto: Instagram

Jakarta - Di era media sosial zaman seperti sekarang, banyak bermunculan selebriti Instagram yang biasa disebut selebgram atau influencer. Kehadiran mereka bukan hanya untuk memamerkan gaya namun juga mencari penghasilan.

Bukan rahasia lagi jika iklan atau endorsement yang diterima para influencer bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Monika Berry pun mengungkap cara para selebgram asuhannya bisa mendapat penghasilan dari popularitas di Instagram.

Sosok di Balik Kesuksesan Selebgram Ungkap Cara Dapat Uang dari InstagramFoto: Instagram
Monika Berry adalah co-creator dari program The Influencer. Wanita asal Australia tersebut sering membantu para selebgram mengembangkan akun mereka sehingga bisa menghasilkan hingga $17,000 atau Rp 182 juta per postingan. Menurutnya, untuk bisa terkenal dan mendapat pendapatan dari popularitas di Instagram dibutuhkan konten yang relatable ('nyambung' dengan followers) dan ketulusan.

"Keterkaitan adalah hal yang utama. Maka, kamu harus menjadi diri sendiri. Jangan terganggu dengan hal-hal gemerlapan yang bisa dilakukan dengan mudah. Lakukanlah dengan tulus, kamu bisa benar-benar melihat ketika seorang influencer benar-benar peduli dengan apa yang mereka promosikan," ungkap Monika dilansir Daily Mail.

Sebagai orang yang membantu para selebgram, Monica tentu paham mengenai cara mengembangkan Instagram menjadi sebuah bisnis. Dalam program The Influencer sendiri ditawarkan empat program pengembangan Influencer yang bisa jadi gambaran untuk Anda. Langkah pertama adalah mencari ide terkait hal-hal yang bisa dijadikan bisnis, entah itu fashion, fitness, makanan, atau lifestyle.

Sosok di Balik Kesuksesan Selebgram Ungkap Cara Dapat Uang dari InstagramFoto: Dok. Instagram
Selanjutnya selebgram akan mencari tahu bagaimana cara berfokus pada brand dengan mengetahui merek seperti apa yang cocok dengan mereka. Kemudian diajarkan cara untuk menciptakan konten yang bakal menarik brand. Kemudian terakhir, dipaparkan cara agar mereka bisa bekerja multi-dimensional.

Menurut Monika, penting untuk para selebgram mengetahui cara untuk mengembangkan bisnis menjadi multi-dimensional. Dengan begitu, mereka bisa tetap bertahan bahkan jika Instagram runtuh sekalipun.

"Jika aplikasiInstagram hancur besok dan penghasilanutamamu adalahInstagram. kamu tidak akan punya bisnis. Untuk itu, pastikan untuk berkembang di area lain, apakah itufashion,fitness, kecantikan, gaya hidup, makanan, atautravel," kataMonica.

(ami/ami)