Fakta Mengejutkan Mengenai Bayaran Artis K-Pop yang Bukan dari Korea

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 21 Okt 2017 07:19 WIB
Foto: ist Foto: ist

Jakarta - Dunia hiburan Korea Selatan menjadi populer secara global beberapa waktu belakangan. Untuk meraih pasar yang lebih besar, sejumlah agensi pun merekrut aktor dan penyanyi dari negara asing.

Anda yang menggemari KPop mungkin pernah bermimpi menjadi salah satunya. Namun bekerja di Negeri Gingseng ternyata tak selalu mudah dan menyenangkan karena Anda kemungkinan akan dibayar lebih rendah dari warga lokal.

Hal tersebut disampaikan seorang idol bernama Sorn. Sorn merupakan anggota girl group CLC yang berasal dari Thailand. Ia pun menjadi topik perbincangan netizen pasca mengaku dibayar dengan gaji yang lebih rendah karena merupakan warga negara asing. Tak tanggung-tanggung, Sorn dikatakan menerima paling tidak enam kali lebih rendah dari teman Koreanya.

Itu diungkapkan Sorn dalam sebuah video wawancara dalam bahasa Thailand. Dalam video tersebut, ia mengungkap secara cukup detail mengenai bayarannya sebagai seorang idol di sana. Menurut Sorn, ia dan rekan satu grup yang juga warga negara asing mendapat perlakukan berbeda dalam hal bayaran. Selain dibayar enam kali lebih sedikit, mereka juga kerap dibayar telat.

Sorn dan rekannya Elkie yang berasal dari Hong Kong kemudian mendiskusikan hal ini kepada agensi mereka, Cube Entertainment. Cube pun mengonfirmasi jika hal tersebut memang berlaku pada warga negara asing dan didukung oleh hukum di sana.

Meski begitu, Cube Entertainment dikatakan telah berusaha keras untuk mengurus royalti Sorn. Namun karena masalah legitimasi antar dua negara, Korea dan Thailand, wanita 20 tahun itu hanya bisa menerima setengahnya.

Wanita yang mengikuti K-Pop Star Hunt Season 1 tersebut juga mengungkap jika sesama Idol Thailand lain yakni Lisa BlackPink mendapat perlakukan yang sama. Menurutnya, Lisa tahu dari awal jika akan dibayar lebih rendah dan diminta untuk tidak bersedih karena hal itu. Berbeda dengan Lisa yang sepertinya pasrah, tampaknya Sorn lebih geram akan hal ini. Bagaimana, masih ingin jadi idol Korea?



(ami/eny)