Tips Memulai Bisnis untuk Anak Millennial dari Bos Haagen Dazs Indonesia

Arina Yulistara - wolipop Sabtu, 14 Okt 2017 14:08 WIB
Foto: Dok. Arina Yulistara/Wolipop Foto: Dok. Arina Yulistara/Wolipop

Jakarta - Banyak anak muda sekarang yang tertarik untuk berbisnis. Namun sebagian dari mereka takut untuk memulainya sehingga terus menunda-nunda. Padahal tak ada salahnya untuk dicoba. Bos Haagen Dazs Indonesia Dita Soedarjo, memberikan tips memulai bisnis untuk anak millennial.

1. Percaya Diri
Menurut wanita muda berusia 25 tahun ini, bisnis dimulai dari percaya diri lebih dulu. Banyak anak millennial yang takut memulai karena memiliki ragam kekhawatiran sehingga membuatnya tidak percaya diri. Kepercayaan diri adalah modal awal untuk mulai berbisnis.

"Yang penting percaya sama diri sendiri karena kadang mereka takut mencoba, minderan atau terlalu mikirin apa kata orang lain. Knowing your identity is everything dan tahu bahwa Tuhan menciptakan kamu dengan tujuan yang baik jadi jalani saja passion-mu," saran Dita Soedarjo saat berbincang dengan Wolipop beberapa waktu lalu di Apartemen Dharmawangsa, Jakarta Selatan.

Tips Memulai Bisnis untuk Anak Millennial dari Bos Haagen Dazs IndonesiaFoto: Dok. Arina Yulistara/Wolipop
2. Mulai dari Hal yang Disuka
Buat bisnis jangan hanya sekadar mengikuti ajakan teman atau keluarga. Mulailah bisnis dengan hal yang kamu suka. Wanita lulusan Fashion Institute of Design & Merchandising (FIDM), Los Angeles, Amerika Serikat, itu menyarankan untuk menemukan hal yang disukai untuk dijadikan bisnis. Ketika Anda suka dengan hal tersebut maka akan sepenuh hati menjalaninya.

3. Mulai dari yang Kecil
Dita Soedarjo menuturkan kalau anak millenial inginnya bisnis yang cepat besar. Padahal semua bisnis dimulai dari hal kecil dahulu kecuali kalau Anda meneruskan bisnis orangtua.

"Jangan malu untuk mulai kecil-kecilan, anak millennial sekarang pengennya selalu instan dan cepat gede. Kalau mulai sendiri semua perlu proses dan waktu dan banyak belajar tapi di situ sangat seru," papar putri konglomerat, Soetikno Soedarjo dan Dian Muljadi, ini.

Tips Memulai Bisnis untuk Anak Millennial dari Bos Haagen Dazs IndonesiaFoto: Dok. Arina Yulistara/Wolipop
4. Tak Perlu Pusingkan Perkataan Teman
Dita Soedarjo menyarankan agar tidak memusingkan perkataan teman. Berdasarkan pengalaman sosialita yang juga punya label busana —'Dignity Woman' dan 'Virgin Villians' itu, terkadang wanita terlalu memusingkan perkataan teman yang membuat mereka menjadi tidak percaya diri saat menjalaninya.

"Ada saja teman yang bilang, 'Ah Dita kok kamu jualan nggak pakai website?'. Website kan mahal yang penting pelaku untung. Aku nggak malu buat jualan online, yang penting halal dan nggak merugikan. Kadang cewek suka mendengarkan omongan teman-temannya jadi buat mereka nggak jadi diri sendiri," kata Dita Soedarjo.

5. Harus Digital
Di era yang serba digital, Dita menekankan agar anak millennial memanfaatnya untuk berbisnis. Tak hanya jualan di Instagram tapi juga bisa manfaatkan platform e-commerce jual-beli yang ada. Tak lupa ikut bazaar di mal-mal.

"Online is big deal jadi nggak usah pusing mikirin gimana cara gedenya. Sekarang banyak platform kayak Lazada, Buka Lapak, taruh saja badang kamu. Selain itu ikut weekend bazaar di mal. There is nothing impossible, modal sedikit pun bisa kamu bisnis. Kalau ada niat pasti ada jalan nggak usah malu," tandasnya.


(aln/ami)