6 Hal Ini Tidak Pernah Dilakukan Wanita Sukses Saat Pagi Hari

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 29 Agu 2017 07:50 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Kesuksesan bukan hanya diraih dengan kerja keras atau kepintaran. Kebiasaan sehari-hari juga bisa membantu Anda meraih pencapaian karier secara maksimal. Para wanita sukses pun biasanya punya kesamaan, tak terkecuali dalam beraktivitas pagi sebelum berangkat bekerja.

Dari sejumlah kesamaan yang mereka punya terungkap pula beberapa hal yang tidak dilakukan wanita sukses saat pagi hari. Berikut enam yang terungkap dan perlu Anda hindari agar bisa sukses seperti mereka:

1. Cek Email
Hal pertama yang dilakukan banyak orang setelah bangun tidur adalah mengecek handphone. Biasanya orang penasaran apakah ada pesan atau email yang masuk untuk mereka. Jika Anda ingin hari kerja berjalan lebih lancar justru disarankan untuk tidak melakukannya.

"Aku tidak pernah buka email atau attachment dengan isi mendalam yang membutuhkan pemikiran. Simpan untuk waktu yang tenang," kata Taryn Laeben, chief experience officer dan president of global retail and business development Casper kepada My Domaine.

Sara dari Taryn tersebut memang ada benarnya. Berdasarkan survei kepada 2.000 pekerja, terlalu sering cek email membuat tingkat stres meningkat. Sedangkan mereka yang menonaktifkan notifikasi dan merespon pesan hanya tiga kali sehari bisa menikmati hari dengan lebih positif. Dari pada membaca dan membalas email, chief financial officer Michelle Weaver menyarankan Anda memikirkan strategi untuk memecahkan masalah yang sedang muncul.

2. Tunda Bangun
Anda pasti pernah mematikan alarm tapi langsung tidur lagi karena masih merasa masih mengantuk. Hal ini juga jarang dilakukan para wanita sukses. Misalnya saja Katherine Power yang merupakan co-founder and CEO of Clique Media Group hingga aktris Eva Longoria. Menurut studi, menunda bangun bisa mengubah pola tidur kemudian mengganggu ritme sirkadian natural tubuh.

"Saat alarm-ku mati aku langsung mengambil sepatu tenisku dan melakukan SoulCycle," ungkap Eva Longoria.

3. Terlalu Banyak Memikirkan Baju Kerja
Hal lain yang tidak dilakukan wanita sukses saat pagi hari adalah terlalu banyak memikirkan pakai baju apa. Ini mungkin wajar dilakukan wanita karena mereka ingin selalu terlihat menarik. Tapi hal tersebut kadang membuat Anda mengulur waktu kemudian jadi terlambat.

"Aku memeriksa cuaca besok hari kemudian melihat kalender untuk mengetahui dengan siapa aku punya meeting eksternal. Aku kemudian mencoba-coba dan steam baju itu di malam sebelumnya. Dengan begini, aku bisa siap-siap dengan cepat di pagi hari dan tidak bengong di depan lemari," tutur April Uchitel, chief brand officer dari Spring.

4. Melupakan Keluarga
Tidak menunda bangun dan siap-siap dari malam sebelumnya penting dilakukan agar Anda bisa meluangkan waktu untuk keluarga. Apalagi untuk Anda yang sudah punya anak. Luangkanlah waktu untuk sarapan atau membantu mereka bersiap-siap sekolah. Dengan begitu, Anda tetap punya quality time bersama anak meski sibuk bekerja seharian.

5. Sarapan Tinggi Gula
Sarapan juga penting diperhatikan untuk kesuksesan kerja. Jika bisa hindari makanan yang tinggi indeks glukemik di pagi hari. Sarapan yang benar bisa membantu Anda lebih kreatif dan cepat belajar ketika bekerja.

"Hindari makan bagel di pagi hari. Itu benar-benar bisa menguras energi. Aku mencoba untuk sarapan berprotein. Beberapa favoritku adalah telur rebus, yogurt dengan Kashi, dan roti panggang dengan avokad," kata Carly Rosenberg, presiden Bluefly.

6. Terburu-buru
Bukan merupakan kebiasaan wanita-wanita sukses untuk terburu-buru setiap mau berangkat bekerja. Biasanya mereka akan bangun pagi dan bersiap-siap secara ringkas sehingga tidak terburu karena takut terlambat. Terlalu tergesa-gesa di pagi hari bisa merusak hari sehingga Anda bekerja dengan keadaan tidak optimal.
(ami/hst)