ADVERTISEMENT

Hati-hati! Ini 20 Sikap Karyawan yang Paling Dibenci Atasan di Kantor

Rista Adityaputry - wolipop Jumat, 21 Jul 2017 15:52 WIB
Ilustrasi karyawan di kantor. Foto: Thinkstock
Jakarta - Penilaian atasan terhadap karyawan tidak hanya melihat dari performa kerja, tapi juga sikap atau perilakunya sehari-hari. Salah bersikap, karyawan bisa dicap negatif bahkan mungkin sulit naik jabatan.

Sebuah survei yang dilakukan Instantprint, Inggris, mengungkap sederetan sikap yang perlu dihindari ketika menghadapi atasan kerja. Survei tersebut melibatkan 500 orang atasan senior, baik pria maupun wanita, dan memperlihatkan sikap mana saja yang bisa membuat para atasan kesal.

Hasil yang diungkapkan sangat menarik. Sebanyak 58 persen responden menganggap bahwa sikap sinis atau pesimis dianggap sebagai tingkah laku paling buruk oleh para atasan. Sementara, para penyendiri yang sulit bergabung ke dalam tim menjadi sikap menyebalkan ketiga yang tidak disukai para atasan dengan jumlah 22 persen. Untuk karyawan yang suka menunda-nunda pekerjaan, sebanyak 15 persen atasan tidak menyukai hal tersebut.

Daftar ini tentu bisa membantu Anda untuk memperlihatkan sikap yang tepat ketika berada di depan atasan. Ini dia daftar perilaku yang diam-diam bisa memicu kekesalan atasan Anda.

1. Punya sikap pesimis atau sinis
2. Berbohong tentang pekerjaan yang sebenarnya belum selesai
3. Menolak bekerjasama dengan tim
4. Tidak sopan
5. Berantakan
6. Terlalu sering menghabiskan waktu di media sosial
7. Terlalu sering berkutat pada ponsel
8. Kotor
9. Tidak memperhatikan
10. Suka menunda-nunda
11. Suka bergosip
12. Tata bahasa dan ejaan buruk
13. Bahasa komunikasi lewat telepon buruk
14. Sering memberikan berbagai alasan ketika telat
15. Bahasa e-mail yang buruk
16. Pakai busana yang tidak tepat
17. Mengatur pertemuan terlalu sering atau yang tidak penting
18. Sering meminta bantuan
19. Selalu berkata 'ya'
20. Memakai properti kantor untuk kepentingan pribadi

Instantprint juga mendapati hasil yang cukup unik. Mungkin terkesan sepele tapi perilaku ini ternyata bisa membuat atasan tidak menyukai karyawan.

Salah satunya membelikan kue ulang tahun dengan lilin angka di atasnya. Yah, tidak semua orang ingin usianya diketahui banyakorang, kan? Selain itu sikap yang dibsenci atasa adalah lupa mengembalikan alat tulis yang dipinjam. Ada juga yang kesal ketika karyawan terlihat sedang membersihkan kotoran hidung. (hst/hst)