7 Fakta Unik Kantor Google, Gratis Makan Enak Tapi Jangan Naik Berat Badan

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 06 Jul 2017 11:07 WIB
Foto: detikINET/Rachmatunnisa
Jakarta - Jika berbicara mengenai perusahaan impian, Google pun langsung muncul di pikiran. Perusahaan mesin pencarian itu diketahui punya kantor keren dan dermawan kepada para pegawainya. Pekerja dikatakan bisa makan enak, berolahraga, meminta saran hukum, hingga les bahasa secara gratis. Google bahkan membolehkan pegawai bawa peliharaan. Meski begitu, ada sejumlah fakta menarik mengenai mesin penelusuran ini yang mungkin belum Anda ketahui berikut ini:

Sulit Masuk Sulit Keluar
Memberikan gaji besar dan banyak fasilitas, tentu Google bukan perusahaan yang mudah dimasuki. Anda harus benar-benar berbakat dan pintar untuk bisa jadi pegawai di perusahaan ini. Untuk bisa diterima, para pelamar juga diberi sering pertanyaan nyeleneh saat wawancara, seperti 'Coba desain rute evakuasi gedung ini' atau 'Pilih satu lagu yang kamu mau mainkan setiap masuk ruangan'. Tapi ketika Anda resign, para Xoogler (alumni Google) sering diminta kembali untuk berpartisipasi dalam mentoring hingga networking.

Tidur Siang Canggih
Ngantuk ketika sedang bekerja pasti pernah Anda alami. Di Google, pegawai yang mengantuk tidak tidur di meja. Di perusahaan mesin pencari itu tersedia 'sleep pods' atau tempat tidur canggih yang bisa tingkatkan mood, kreativitas, kemampuan belajar, kewaspadaan, dan produktivitas. Saat tidur di sana, tubuh Anda dalam posisi gravitasi nol dan dimainkan musik menenangkan. Selain alat ini, ada pula ruangan tidur yang juga tak kalah canggih karena anti suara dan cahaya.

7 Fakta Unik Kantor Google, Gratis Makan Enak Tapi Jangan Naik Berat BadanFoto: Reuters
Boleh Bawa Anjing Tapi Tidak Kucing
Bagi para pecinta binatang, Google bisa jadi surga bagi Anda. Di sana, Anda boleh bawa anjing asalkan diawasi. Bukannya menggangu produktivitas, hal ini justru dikatakan bisa meningkatkan kepuasaan kerja, produktivitas, dan mempertemukan pekerja dengan orang baru ketika ajak anjing jalan-jalan. Sayangnya, kucing tidak disarankan dibawa dengan alasan untuk kebaikan kucing itu sendiri.

Gratis Potong Rambut Hingga Saran Hukum
Sebagai perusahaan, Google memberikan banyak hal kepada pegawai. Bukan hanya makanan melimpah namun juga fasilitas potong rambut hingga saran hukum. Tak hanya itu, di kantornya di California, AS, disediakan pula dokter, dokter gigi, psikoterapis, beautician, sampai pengacara. Sangat menghemat waktu dan uang, ya?

Makanan Mewah Berlimpah
Di sana, Anda pun bisa mendapati lobster hingga steak yang disediakan secara gratis meski tak semua kantor Google menawarkannya. Menyenangkan memang namun hal ini punya motif tersembunyi. Yakni agar para pegawai tidak pindah ke lain hati atau resign dari kantor itu. Mereka pun disuruh mengantre saat ambil makanan yang tujuan akhirnya agar tercipta percakapan antar pekerja kemudian memunculkan ide cemerlang.

7 Fakta Unik Kantor Google, Gratis Makan Enak Tapi Jangan Naik Berat BadanFoto: detikINET/Rachmatunnisa
Tapi Jangan Sampai Kegendutan
Makanan enak dan gratis tentu sulit ditolak. Tak heran jika pegawai Google baru sering mengalami kenaikan berat badan hingga 7 kg di bulan-bulan pertama. Karenanya, anak baru yang disebut Nooglers diperingatkan untuk tidak sampai demikian. Google pun mengawasi dan menerapkan sejumlah teknik agar pekerja tak menggemuk dengan menyajikan porsi makanan lebih kecil, menyembunyikan area makanan penutup, dan menyediakan banyak buah serta kacang-kacangan.

Dana Duka Cita Selama 1 Dekade
Bekerja seumur hidup di Google tampaknya tak akan sia-sia. Apalagi keluarga pegawai akan mendapat dana duka cita selama satu dekade jika mereka meninggal. Dikatakan, istri atau suami yang ditinggalkan akan menerima setengah gaji setiap tahun selama delapan tahun. Selain itu, para ibu diberi cuti melahirkan selama lima bulan dan ayah diberi enam minggu.

7 Fakta Unik Kantor Google, Gratis Makan Enak Tapi Jangan Naik Berat BadanFoto: Getty Images
(ami/ami)