ADVERTISEMENT

9 Langkah Agar Semangat Kerja di Minggu Pertama Pasca Libur Lebaran

Rista Adityaputry - wolipop Senin, 03 Jul 2017 18:43 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Libur Lebaran yang cukup panjang baru saja berakhir. Hal pertama yang Anda pikirkan setelah liburan mungkin adalah pekerjaan yang menanti. Seberapa mengasyikkan liburan, tetap saja Anda perlu kembali ke kenyataan dan melaksanakan kewajiban.

Minggu awal pasca liburan mungkin jadi waktu yang 'paling berat' untuk kembali semangat bekerja. Agar semangat lagi bekerja setelah 'bangun' dari libur panjang Lebaran, ini sembilan hal yang perlu Anda lakukan.

1. Kerjakan Satu Per Satu
Foto: Thinkstock

Ketika masuk kantor, pekerjaan mungkin akan menumpuk untuk Anda lakukan hari itu. Sebaiknya, pekerjaan tersebut dilakukan satu per satu dan tidak langsung menangani semuanya sekaligus. Anda bisa mengerjakan pekerjaan-pekerjaan lama yang belum terselesaikan dan melanjutkannya dengan pekerjaan yang lebih baru ketika Anda lebih siap. Selain memberikan waktu untuk membiasakan diri kembali, ini juga mencegah Anda merasa kewalahan di hari pertama masuk kantor. Pastikan Anda juga membuat jadwal terencana untuk melakukan tugas-tugas dan meeting Anda di kantor, baik untuk hari pertama maupun esoknya.

2. Kembali pada Rutinitas
Foto: Thinkstock

Setelah bersantai-santai liburan, mungkin beberapa orang akan merasa sulit untuk menyetel diri melakukan rutinitas sebelum liburan. Sebenarnya, itu umumnya hanya terjadi di beberapa hari pertama kerja. Setelah itu Anda akan menemukan kembali kebiasaan Anda saat bekerja dan merasa produktif seperti semula. Di sela-sela pekerjaan, sempatkan untuk mengobrol dengan karyawan lain sambil minum kopi atau makan siang. Ini membuat transisi Anda lebih menyenangkan.

3. Bersihkan Inbox Email
Foto: Thinkstock

Selain pekerjaan yang menumpuk di meja, mungkin kotak masuk di e-mail Anda akan kebanjiran e-mail masuk. Umumnya, orang akan kewalahan membalas e-mail yang menumpuk. Namun, sebenarnya balas dengan sistem prioritas lebih baik ketimbang Anda menjadi stres. Anda bisa menggunakan fitur yang tersedia di e-mail sehingga Anda bisa langsung membalas e-mail yang paling penting terlebih dahulu. Mulai dengan e-mail yang Anda terima ketika memulai liburan dan akhiri dengan e-mail yang paling baru.

4. Buat To-Do-List
Foto: Thinkstock

To-do-list bisa Anda buat sebelum Anda masuk kantor. Selain bisa membuat pikiran Anda menjadi lebih terorganisasi, Anda juga menjadi lebih siap untuk kembali ke kantor. Ketika membuat to-do-list, biasanya ada beberapa hal yang perlu diselesaikan terlebih dahulu. Mintalah bantuan partner kerja atau manajer Anda supaya Anda lebih mudah menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu.

5. Jadwalkan Waktu Istirahat
Foto: ilustrasi/thinkstock

Tidak ada salahnya jika Anda ingin mengambil waktu libur selama sehari atau dua hari di antara jadwal kerja. Jika perlu, Anda sudah menjadwalkannya jauh hari ketika Anda membuat jadwal terencana untuk menyelesaikan pekerjaan. Manfaatkan jadwal ini sebagai penyemangat Anda untuk minggu-minggu pertama yang tidak terduga.

6. Terima Efek Pasca Liburan
Foto: Thinkstock

Ketika seseorang telah menyelesaikan liburan dan kembali menjalani rutinitas kerja seperti biasa, cukup banyak yang cenderung merasa sedih tiba-tiba. Mereka umumnya merasa belum siap karena harus kembali pada rutinitas kantor yang terkadang menjemukan. Ini adalah hal yang normal, jadi tidak apa jika Anda menjadi salah satu dari mereka. Tambahkan perawatan diri di minggu-minggu pertama bekerja, seperti menyalakan lilin aromaterapi bernuansa liburan di meja kerja, menyempatkan yoga atau meditasi setelah bekerja, atau pergi spa setelah kerja atau di akhir minggu.

7. Lakukan Strategi
Foto: Thinkstock

Strategi perlu dilakukan ketika Anda mendapatkan pekerjaan yang cukup menumpuk di minggu pertama kerja. Pilah beberapa pekerjaan yang mudah dilakukan dalam to-do-list Anda. Ini akan membuat Anda bersemangat karena Anda sudah melakukan sejumlah pekerjaan dalam waktu singkat. Selain itu, Anda juga lebih siap untuk melakukan pekerjaan lain yang lebih menguras waktu dan pikiran. Namun, pastikan Anda menggunakan strategi yang membuat Anda nyaman dan produktif. Entah itu dengan melakukan pekerjaan yang mudah atau sulit terlebih dahulu, itu tergantung keinginan Anda.

8. Rajin Minum Air Mineral
Foto: iStock

Di minggu-minggu pertama bekerja, normal jika Anda merasa cepat lelah dan lemas setelah liburan santai untuk waktu yang lama. Tetap jaga kadar air dalam tubuh Anda dengan meminum air mineral yang cukup. Anda juga bisa menambahkan kopi atau teh herbal untuk membuat Anda siap siaga ketika melakukan pekerjaan.

9. Istirahat Cukup
Foto: Thinkstock

Hal terakhir yang paling menyebalkan tentu merasa gelisah akan pekerjaan Anda yang semakin bertambah. Usahakan untuk mengatur jadwal tidur yang tidak terlalu larut sehingga Anda bisa lebih mudah tidur nyenyak dan bisa merasa segar keesokan harinya. Jika Anda merasa sulit tidur, beberapa teh herbal, makanan tertentu, atau meditasi bisa membantu Anda cepat merasakan kantuk dan tidur lebih pulas. (hst/hst)