7 Cara Kembali Semangat Kerja Setelah Libur Lebaran

Rahmi Anjani - wolipop Minggu, 02 Jul 2017 17:05 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Libur Lebaran hampir berakhir. Besok Senin sebagian besar dari Anda sudah harus kembali ke rutinitas. Hal tersebut mungkin membuat sedih dan tidak semangat kerja. Tapi tentu itu tidak boleh dibiarkan. Agar performa karier selalu terdepan, Anda perlu kembali semangat kerja setelah liburan panjang. Hal itu bisa dilakukan dengan melakukan sejumlah hal yang bisa menyegarkan tubuh dan pikiran. Berikut tujuh cara kembali semangat kerja setelah libur Lebaran yang dapat diterapkan:

1. Segera Kembali ke Rutinitas
Setelah libur panjang, Anda pasti malas kembali ke rutinitas. Namun menghindarinya justru akan membuat Anda semakin tidak semangat kerja setelah libur Lebaran. Dr. Joe Ojile menyarankan agar Anda tidak tidur sampai terlalu siang pada Senin paginya. Berkegiatanlah seperti sebelum liburan dan jangan lupa berolahraga agar lebih sehat dan segar. Menurut para ahli, melakukan rutinitas juga bisa membuat Anda lebih tenang.

7 Cara Kembali Semangat Kerja Setelah Libur LebaranFoto: YouTube
2. Mulai Hari dengan 3 M
Agar kembali semagat kerja setelah libur Lebaran lakukanlah 3 M. 3 M yang dimaksud adalah movement, mindful eating dan minimizing. Artinya Anda dianjurkan untuk banyak bergerak, makan dengan benar, serta meminimalisir gangguan. Saat pagi, mulailah hari dengan olahraga kemudian sarapan dengan makanan yang bergizi dan pelan-pelan. Hindari pula distraksi seperti musik, acara televisi, atau pertengkaran agar Anda lebih fokus.

3. Minum Smoothie Bayam
Dilansir jurnal Appetite, Smoothie bayam juga bagus untuk membuat Anda kembali semangat kerja setelah libur Lebaran. Penelitian membuktikan jika minum air bayam selama 90 hari membuat responden merasa kenyang lebih lama dan tidak ngidam makanan manis. Ini penting dilakukan agar tubuh Anda yang sudah dimanjakan selama liburan dengan berbagai kuliner enak tidak semakin melebar setelahnya.

7 Cara Kembali Semangat Kerja Setelah Libur LebaranFoto: thinkstock
4. Paparkan Sinar Matahari
Jangan menghindari sinar matahari jika ingin kembali semangat kerja setelah libur Lebaran. Cahaya matahari justru bisa membuat Anda 'bangun' dan tidak bermalas-malasan. Jika bisa, paparkan diri dengan sinar matahari dengan duduk santai di teras, jogging, atau merawat tanaman di pekarangan. Itu bisa bantu Anda juga dalam mengembalikan waktu tidur seperti semula.

5. Banyak Minum Air
Perbanyaklah minum air. Selama liburan mungkin Anda lebih sering minum minuman manis dan bersoda dari pada air mineral. Hari Minggu ini adalah saatnya untuk mengembalikan hidrasi tubuh agar besok kembali semangat kerja. Dianjurkan pula untuk menghindari makanan asin dan lebih memilih kacang atau jeruk sebagai camilan.

6. Tidur Berkualitas
Setelah lelah berjalan-jalan selama libur Lebaran pastikan jika Anda mendapat tidur yang cukup dan berkualitas sebelum mulai beraktivitas seperti biasa. Hindari minum alkohol atau bermain gadget terlalu lama sebelum istirahat karena bisa membuat Anda sulit tertidur.

7 Cara Kembali Semangat Kerja Setelah Libur LebaranFoto: thinkstock
7. Jangan Merasa Sedih
Masih belum semangat kerja setelah libur Lebaran? Buang kata malas dan sedih dari otak Anda. Tapi hindari pula berusaha terlalu keras untuk mulai kerja karena bisa buat Anda stres. Anggaplah Anda sudah cukup menyegarkan tubuh dan pikiran dengan libur selama seminggu dan kini waktunya kembali ke rutinitas. (ami/ami)