Wanita Berprofesi Ini Dibayar Jauh Lebih Tinggi dari Pria

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 08 Mei 2017 19:00 WIB
Foto: Instagram Zoella
Jakarta - Di tahun 2017 ini, kesenjangan penghasilan masih menjadi masalah dalam industri kerja. Tak sedikit wanita yang mendapat gaji lebih sedikit dari pria padahal peran dan beban karier mereka tak jauh berbeda.

Banyak hal memang yang melatarbelakanginya, mulai dari kesempatan wanita mendapat pendidikan yang lebih rendah hingga enggannya mereka meminta kenaikan gaji pada atasan. Problema tersebut pun diprediksi masih belum akan berakhir hingga tahun 2041.

Di sejumlah bidang kerja mungkin para wanita karier perlu berusaha lebih keras agar pendapatannya setara dengan pria. Namun ada satu industri di mana bisa dipastikan jika wanita tak perlu menunggu hingga 24 tahun lagi untuk mendapat gaji lebih besar. Pekerjaan yang terbilang baru ini memang cukup menjanjikan karena beban kerja yang tak terlalu rumit namun sangat menghasilkan. Profesi apa?

Menurut studi terbaru, kebanyakan wanita yang berprofesi sebagai influencer dibayar lebih banyak dari rekan lawan jenisnya. Penelitian yang dilakukan pada influencer dengan pengikut lebih dari 100.000 ribu itu pun mengungkap jika wanita menghasilkan 35% lebih besar.

Dikatakan jika dalam seminggu mereka bisa menerima Β£41,600 (Rp 771 jutaan) sedangkan pria hanya mendapat Β£31,200 (Rp 528 jutaan) meski usaha yang dilakukan sama. Wanita yang berkarier sebagai influencer umumnya juga punya penghasilan bulannya yang 51% lebih besar dari pada pekerja kantoran biasa.

Bagi Anda yang tidakfamiliar dengan profesi itu,influencer merujuk pada seseorang yang punya banyak pengikut di media sosial, terutamaInstagram. Banyaknyafollower pun membuat mereka sering di-endorse sejumlahbrand untuk promosi barang, jasa, atau wisata.


"Bukan kejutan lagi jika orang-orang berpengaruh di media sosial menguangkan konten sosial mereka. Mereka sudah melakukannya selama bertahun-tahun tapi mengejutkan bahwa influencer wanita menuntut bayaran lebih mahal dari rekan pria, menerbalikkan kesenjangan penghasilan tradisional," kata Ben Jeffries yang juga melakukan studi.

Tidak diragukan lagi jika profesi ini memang cukup menjanjikan. Di Indonesia sendiri, para influencer bisa dibayar ratusan ribu hingga jutaan rupiah sekali posting foto endorsement. Untuk wanita, barang atau jasa yang biasanya mereka promosikan tak jauh dari kecantikan atau fashion. Selain unggah foto produk, mereka juga umumnya juga dibayar saat hadir di berbagai acara. Tertarik jadi influencer?


(ami/ami)