Tak Hanya untuk Perempuan Ada Pula Hari Pria Internasional, Seperti Apa?

Hestianingsih - wolipop Rabu, 08 Mar 2017 19:17 WIB
Foto: Getty Image
Jakarta - Hari Perempuan Internasional dirayakan setiap 8 Maret dan bertujuan untuk mengapresiasi peran dan kontribusi perempuan terhadap dunia. Hari tersebut juga menjadi momen besar bagi para perempuan untuk menyuarakan aspirasinya. Tapi bagaimana dengan pria? Adakah hari khusus untuk para kaum Adam ini?

Jawabannya, Hari Pria Internasional juga ada. Jika Hari Perempuan Internasional lebih fokus pada hak-hak, kesetaraan dan penghasilan yang lebih baik maka tujuan diperingati hari pria sedunia sedikit berbeda. Setiap tahunnya, Hari Internasional Pria diperingati pada 19 November dan dirayakan untuk mendorong kesadaran terhadap kesehatan pria, diskriminasi dan relasi gender.

Dibentuk pada 1998 di Trinidad dan Tobago, Hari Pria Internasional bertujuan mengumpulkan dukungan dari individu maupun kelompok sosial dari seluruh dunia. Setiap tahunnya hari ini diperingati di lebih dari 60 negara di berbagai belahan dunia.
Foto: Getty Images

Kenapa harus ada Hari Pria Internasional? Seperti dikutip dari situs resminya, tujuan dari dibentuknya hari khusus ini adalah untuk fokus pada kesehatan pria dewasa maupun yang masih remaja. Di hari tersebut, para pria juga menyuarakan kesetaraan gender sekaligus memperkenalkan sosok seperti apa yang pantas menjadi panutan atau role model bagi pria.

"Ini sebuah acara bagi pria untuk merayakan pencapaian dan kontribusi, secara khusus kontribusi mereka kepada lingkungan, keluarga, pernikahan, dan perawatan anak sambil menyoroti juga diskriminasi terhadap mereka," demikian yang tertulis di situs resminya International Men's Day.

Peringatan Hari Pria Internasional ini juga bertepatan dengan bulan perayaan Movember. Acara yang diadakan dalam rentang satu bulan penuh ini melibatkan para pria untuk menumbuhkan kumis serta jenggotnya, sebagai gerakan meningkatkan kepedulian akan kesehatan pria.
Foto: Getty Images

Kesehatan yang dimaksud terkait dengan penyakit-penyakit yang banyak menyerang pria. Beberapa di antaranya kanker prostat, kanker testis, dan gangguan psikologis yang memicu pria bunuh diri.

Selain itu, Movember juga bertujuan menggalang dana untuk kepentingan penelitian maupun penyuluhan tentang kesehatan pria. Movember dan Hari Pria Internasional saat ini lebih populer diadakan di negara-negara Eropa, Amerika dan Benua Australia. Misalnya Australia, New Zealand, Irlandia, Kanada, Republik Czech, Denmark, Inggris, Israel, Amerika Serikat hingga Afrika Selatan. (hst/hst)