Lakukan 5 Hal Ini Agar Tak Lagi Dipandang Sebelah Mata di Kantor

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 13 Feb 2017 18:32 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Ada banyak alasan seseorang dipandang sebelah mata oleh rekan atau atasan di tempat kerja. Bisa karena usia, jenis kelamin, ukuran tubuh, cara berpakaian, bahkan suara. Dianggap tidak kompeten hanya karena hal sepele tentu tidak menyenangkan. Hal itu juga bisa menghambat perkembangan karier ke depannya. Jika Anda merasa diperlakukan demikian, coba mulai perbaiki sikap dan penampilan agar lebih diperhitungkan. Berikut adalah lima caranya:

Perkaya Informasi
Jarang diajak atau dilibatkan dalam proyek kantor? Mungkin Anda terlihat kurang berwawasan sehingga tampak tidak bisa meng-handle tanggung jawab lebih berat. Untuk itu, perkayalah ilmu dan informasi terutama terkait bidang kerja.

Kemudian pastikan pula rekan dan atasan Anda mengetahui bahwa sebenarnya Anda memang pintar. Caranya adalah dengan mengkomunikasikannya di depan mereka ketika tengah berdiskusi atau mengobrol. Artinya lebih banyaklah mengemukakan pendapat atau ide. Tapi hindari pula bersikap terlalu sok tahu yang membuat Anda justru dipandang rendah.

Tepati Ucapan
Orang yang suka tidak menepati janji atau ucapan tentu akan dipandang sebelah mata. Misalnya ketika Anda berjanji akan datang lebih tepat atau akan menyelesaikan tugas dalam waktu tertentu tapi jarang bisa menepatinya. Jika sejak awal Anda sudah merasa tidak bisa melakukan sesuatu sebaiknya jujur saja. Dengan begitu, Anda tidak akan membuat kesal atau kecewa kolega.

Berpakaian Menarik
Gaya berbusana bisa menjadikan seseorang terlihat lebih baik atau lebih buruk. Agar Anda tidak dipandang sebelah mata oleh kolega atau calon klien sebaiknya berpakaianlah dengan baik. Tidak perlu menggunakan baju mahal tapi pastikan saja jika penampilan enak dilihat dan rapi. Sesuaikan juga busana dengan industri kerja Anda.

Perhatikan Nada Suara
Seseorang juga bisa dianggap sebelah mata hanya karena cara berbicaranya. Hal ini bukan berarti Anda harus mengubah cara bicara menjadi seperti orang lain. Tapi pastikan saja jika setiap kata yang terucap dari mulut Anda terdengar percaya diri tapi juga menghormati. Hindari pula berbicara dengan nada yang terlalu tinggi apalagi dengan senior di kantor.

Selalu On Time
Dilansir My Domaine, sering datang terlambat adalah salah satu tanda Anda kurang menghargai perusahaan dan rekan-rekan. Untuk itu, hindari datang terlalu siang jika tidak ada urusan yang mengganggu. Dengan datang tepat waktu, Anda pun bisa jadi lebih diperhitungkan atau diandalkan oleh senior atau bos untuk tugas-tugas tertentu. (ami/ami)