Gawat, Millennial Lebih Boros Beli Kopi daripada Menabung

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 19 Jan 2017 19:27 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Kaum millennial dikenal dengan karakteristik yang unik sekaligus menantang. Sejumlah riset membuktikan golongan orang yang tahun ini berusia 20 sampai 35 tahun itu juga boros dalam keuangan. Beberapa waktu lalu terungkap millennial banyak mengeluarkan uang untuk makan di luar. Baru-baru ini, terungkap lagi jika generasi Y lebih banyak menghabiskan gaji mereka untuk kopi daripada tabungan masa depan.

Hal tersebut terungkap dalam studi yang dilakukan SurveyMonkey untuk aplikasi investasi Acorn. Terungkap dari 1.900 millennial yang disurvei, mereka ternyata lebih banyak mengeluarkan uang untuk membeli minuman di gerai kopi daripada menabung, terutama menabung untuk hari tua. Pemborosan ini ternyata lebih sering dilakukan wanita ketimbang pria.

"Secara mengejutkan 44% millennial wanita berusia 18 sampai 35 tahun menghabiskan lebih banyak uang untuk kopi pagi daripada menabung tahun ini. Ditambah lagi, angka ini lebih banyak 10% dari pria yang melakukan hal yang sama dan di saat yang bersamaan," kata pihak Acorn kepada Vice.

Foto: thinkstock

Tuntutan kerja atau gaya hidup yang dihadapi para millennial mungkin membuat mereka sering membeli minuman di gerai kopi kesayangan. Sayangnya, hal tersebut membuat mereka mengesampingkan kebutuhan lain seperti tabungan pensiun. Padahal menurut penelitian tersebut, 41% millennial berusia 24 hingga 35 tahun merasa tidak yakin punya keuangan stabil saat di atas usia 65 tahun.

Temuan ini perlu dianggap sebagai peringatan bagi Anda yang masih muda dan merasa sering boros dalam keseharian. Mengikuti tren gaya hidup tentu tidak dilarang namun jangan sampai berlebihan dan menghabiskan penghasilan Anda. Hasil riset tersebut pun menjadi kekhawatiran bahwa millennial akan sulit berhenti bekerja di masa senja karena kekurangan tabungan.

Acorns pun memberi solusi pada para millennial boros untuk menginvestasi uang selayaknya membeli minuman di gerai kopi. Yakni dengan menyisihkan satu atau dua dolar (Rp 13 ribu hingga Rp 26 ribu) setiap harinya untuk ditabung. DIharapkan lama-lama uang akan terkumpul dan bisa disimpan untuk dana pensiun. Pastikan juga untuk tidak sering-sering terjaga hingga larut malam hingga kurang tidur sehingga butuh kopi setiap hari.
(ami/hst)