7 Cara Agar Resolusi Tahun Baru Anda Tercapai

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 30 Des 2016 18:46 WIB
Foto: dok. thikstock
Jakarta - Menjelang penghujung tahun, biasanya Anda mulai sibuk menyusun daftar resolusi untuk setahun mendatang.

Momen pergantian tahun biasanya dibarengi dengan kehadiran resolusi tahun baru. Sudahkah Anda menyusun daftar resolusi untuk setahun mendatang?

7 Cara Agar Resolusi Tahun Baru Anda Tercapai Foto: dok. thikstock

Sebelum membuat resolusi yang baru, coba Anda evaluasi terlebih dulu deretan resolusi yang dibuat setahun lalu. Apakah semuanya sudah tercapai?

Banyak hal yang dapat membuat resolusi tahun baru Anda mandek di tengah jalan, mulai dari kekurangan motivasi hingga target yang terlalu ambisius.

Berikut ini tujuh kiat agar resolusi tahun baru Anda benar-benar terwujud.

1. Fokus pada satu resolusi
Alih-alih membuat daftar yang bertele-tele, sebaiknya Anda fokus pada satu-dua resolusi saja. Dengan begitu, semakin besar kans Anda untuk mewujudkan resolusi tersebut.

2. Buat Resolusi yang realistis
Pikirkan sesuatu yang lebih realistis. Misal, menurunkan berat Anda bukan target yang realistis. Seharusnya, pangkas 10 kg dalam waktu 30 hari.

3. Jangan tunggu Tahun Baru
Bukan hanya saat jelang pergantian tahun baru, resolusi harusnya bisa Anda buat kapan saja. Jadikan resolusi sebagai bagian dari proses kehidupan Anda dari waktu ke waktu.

4. Mulai dengan langkah terkecil
Banyak orang yang menyerah di tengah jalan lantaran target yang terlalu berat. Oleh sebab itu, mulailah dengan target sederhana yang diiringi dengan langkah-langkah kecil.

5. Cari Motivator
Cari seseorang yang bisa Anda andalkan sebagai penyemangat atau pengawas. Dengan begitu, Anda akan tetap fokus pada target yang ingin dicapai.

6. Rayakan Pencapaian
Jangan lupa untuk menghadiahi diri sendiri di setiap pencapaian yang berhasil Anda buat. Anda pun termotivasi untuk mencapai target lainnya.

7. Fokus pada hari ini
Jangan tunggu sampai hari esok. Pikirkan apa yang bisa Anda lakukan hari ini untuk merealisasikan resolusi Anda. (dng/dng)