ADVERTISEMENT

Kamu Anak Kereta? Hindari 10 Kebiasaan yang Kurang Sopan Ini

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 28 Nov 2016 17:35 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Kereta banyak diandalkan para pekerja sebagai moda transportasi di keseharian. Meski hanya sebentar berada dalam kereta, tak sedikit yang merasa kurang betah. Selain kadang sangat padat, ada beberapa orang yang kurang mengerti etika dalam kendaraan umum sehingga menyebabkan ketidaknyamanan. Berikut 10 kebiasaan di kereta yang dianggap kurang sopan menurut ahli etika William Hanson:

1. Makan
Dalam kereta biasanya sudah terpampang larangan untuk makan atau minum. Namun banyak orang yang mengindahkan sehingga membuat kesal beberapa orang. Bila benar-benar lapar dan harus makan pastikan jika Anda tidak meninggalkan sampah atau mengonsumsi sesuatu yang berbau kurang sedap.

2. Tidak Peduli Sekitar
Perjalanan menuju atau pulang kantor memang bisa membosankan. Karenanya, banyak orang bermain gadget untuk membunuh waktu. Namun jangan sampai terlalu larut hingga tidak mempedulikan lingkungan sekitar. Misalnya ketika ada ibu membawa anak atau orang tua yang butuh duduk.

3. Sibuk Selfie
Tidak sedikit orang yang ingin mengabadikan pengalaman naik kereta dengan berfoto, selfie, atau wefie. Hal ini bisa menggangu dan menyebalkan bagi penumpang lain, apalagi jika dilakukan secara heboh atau berlebihan.
10 Kebiasaan dalam Kereta yang Kurang Sopan Menurut Ahli EtikaFoto: Thinkstock

4. Kurang Mengerti 'Aturan' Kereta
Menurut William, hal lain yang juga menyebalkan adalah mereka yang kurang mengerti atau tidak peduli aturan di kereta. Misalnya ketika kondektur atau masinis memerintah untuk bergeser agar penumpang bisa turun. Atau untuk tidak duduk di bawah karena dapat menggangu orang lain.

5. Naik Sebelum Penumpang Turun
Penumpang kereta di jam-jam tertentu sering sangat padat sehingga mereka berebut untuk bisa masuk kereta. Hal itu membuat sebagian dari mereka lupa untuk mempersilahkan penumpang di dalam untuk turun terlebih dahulu. Kebiasaan ini sebaiknya dihindari agar situasi lebih tertib dan nyaman.

Baca Juga: Ahli Etika Ungkap Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Berkenalan

6. Taruh Tas di Bangku
Manaruh tas di bangku tentu tidak sopan, apalagi ketika situasi kereta sedang penuh. Jika tidak ingin memangku tas, taruh saja di bagian penyimpanan atas. Hal yang sama juga berlaku untuk mereka yang membawa banyak barang.

7. Makeup
Buru-buru namun ingin tampil menarik sebelum ke kantor membuat sebagian wanita makeup atau touch up dalam kereta. Kebiasaan ini juga sebaiknya dihindari karena bisa berakibat buruk bagi Anda, terutama saat mengaplikasikan produk mata.
10 Kebiasaan dalam Kereta yang Kurang Sopan Menurut Ahli EtikaFoto: Thinkstock

8. Menyampah
Lapar dalam perjalanan membuat sebagian penumpang mengonsumsi makanan ringan dalam kerta. Ada pula sejumlah orangtua yang memberi makan atau snack agar anak-anak lebih tenang. Bila Anda juga sering melakukannya, pastikan makanan tidak menimbulkan sampah yang membuat kereta jadi kotor.

Baca Juga: Etika Menggunakan Ponsel Saat Upacara Pernikahan

9. PDA
Mengumbar kemesraan di depan umum juga tidak disarankan. PDA (Public Display of Affection) membuat orang-orang sekitar risih dan kurang nyaman. Apalagi bila Anda diketahui bukan pasangan suami-istri.

10. Bau Badan
Salah satu masalah yang paling tidak disukai pengguna kendaraan umum adalah ketika ada penumpang bau badan. Karenanya, coba siapkan parfum atau deodoran bagi Anda yang merasa banyak berkeringat. Kesadaran diri ini akan membuat orang lain lebih nyaman di dekat Anda dan Anda lebih percaya diri. (ami/hst)