Duh, Perusahaan Ini Suruh Karyawan yang Tak Capai Target untuk Makan Cacing

Eny Kartikawati - wolipop Rabu, 16 Nov 2016 10:46 WIB
Foto: Weibo
Jakarta - Perusahaan di China ini menetapkan hukuman memprihatinkan untuk para karyawan mereka yang tidak berhasil mencapai target penjualan. Karyawan diminta untuk makan cacing hidup. Duh!

Aksi perusahaan yang kejam ini menjadi virla di media sosial China, Weibo, setelah foto yang memperlihatkan karyawan perusahaan tersebut diunggah ke internet oleh seorang saksi mata. Saksi melihat ada sekitar 60 karyawan dikumpulkan di sebuah plaza di kawasan Hanzhong. Para karyawan itu bekerja untuk sebuah perusahaan di Hanzhong, propinsi Shaanxi, China.

Dari keterangan saksi yang juga memotret kejadian tersebut diketahui seorang pria tampak mendekati para karyawan tersebut dengan membawa sekantong plastik cacing hidup. Karyawan yang gagal mencapai target penjualan itu kemudian diminta mengambil cacing tersebut dengan sumpit dan menaruhnya di dalam gelas plastik yang sudah berisi minuman alkohol khas China. Setelahnya karyawan tersebut harus meminum isi dari gelas plastik itu.

Namun menurut sang saksi mata, lima atau enam karyawan tidak seberuntung rekannya. Mereka malah disuruh hanya makan cacing hidup tersebut tanpa dicampur alkohol. Seorang karyawan yang namanya menolak disebutkan mengatakan pada koran Huashang Daily bahwa setiap karyawan harus menelan empat cacing untuk setiap klien yang gagal mereka dapatkan.

Duh, Perusahaan Ini Suruh Karyawan yang Tak Capai Target untuk Makan CacingFoto: Weibo


Tentu saja hukuman kejam ini tidak diterima semua karyawan. Seorang karyawati yang tengah hamil menolak menelan cacing dan minum alkohol yang disodorkan padanya. "Aku tidak bisa makan cacing dan tidak bisa minum juga karena aku tidak mau membahayakan bayiku," begitu katanya pada atasannya. Akhirnya hukuman untuk karyawati yang hamil ini digantikan oleh seorang rekan kerja prianya.

Setelah foto karyawan dihukum menelan cacing ini ramai di media sosial, jutaan netizen mengekspresikan keprihatinan dan kemarahan mereka. Perusahaan kejam itu pun akhirnya terungkap identitasnya. Nama perusahaan itu adalah Ai Jia, seorang grup sales yang dibentuk oleh 10 perusahaan konstruksi.

Pasca nama Ai Jia terungkap, seorang karyawan perusahaan itu ada yang berani angkat bicara ke media. Menurutnya setiap pagi, dia dan karyawan lainnya diminta menetapkan target untuk satu hari. Dan jika mereka gagal, hukuman didapat keesokan harinya. Hukuman itu bukan hanya makan cacing, malah pernah juga mereka harus makan semut dan cumi-cumi hidup.

Perusahaan Ai Jia kini mendapat kecaman dari berbagai pihak. Mereka dituding melanggar undang-undang ketenagakerjaan. Karyawan yang mendapat hukuman kejam ini pun diminta melapor ke departemen tenaga kerja agar perusahaan tersebut dapat dikenai sanksi. (eny/eny)