Kebiasaan Sepele di Kantor yang Ternyata Bisa Bikin Anda Cepat Tua

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 27 Okt 2016 15:00 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - Meski memberikan penghasilan, tempat bekerja diketahui bisa membuat para pegawainya jadi kurang sehat. Lingkungan yang selalu sibuk dan penuh tekanan dapat mempengaruhi tingkat stres dan menggangu sistem imun. Selain membuat sakit mental dan fisik, ternyata kebiasaan-kebiasaan di kantor juga bisa membuat kulit wajah Anda cepat menua. Apa saja?

1. Menerima Telepon
Menelepon sepertinya sebuah kebiasaan sepele yang tidak membahayakan. Namun telepon sebenarnya benda yang penuh bakteria. Ketika telepon didekatkan ke wajah, bakteri pun bisa langsung menempel di kulit Anda. Saat wajah kotor dan mulai berkeringat, minyak dapat terperangkat dalam pori-pori. Selain itu, menempelkan telepon ke kulit juga dapat memicu timbulnya jerawat.

Untuk itu disarankan agar Anda menyimpan produk perawatan kulit yang bisa menyerap minyak berlebih seperti sabun wajah atau kertas minyak, terlebih jika Anda memang rentan berjerawat. Diharapkan produk tersebut dapat menimalisir penyebaran bakteri penyebab inflamasi.

2. Menatap Komputer Sepanjang Hari
Bukan hanya kurang sehat untuk mata, menatap komputer sepanjang hari juga tidak baik bagi kulit Anda. Dr. Justine Hextall mengatakan sinar komputer atau laptop juga handphone dapat menyerap ke lapisan terdalam kulit kemudian merusak kolagen dan elastin. Jika terjadi setiap hari, kulit akan kehilangan elastisitas lalu menimbulkan garis halus, keriput, dan kekenduran.

"Menatap atau menyipitkan mata sepanjang hari ketika duduk di posisi yang sama artinya otot di area mata tidak pernah relaks yang menyebabkan ketegangan mata dan merenggangkan lapisan kulit yang halus. Ini akan menyebabkan keriput prematur. Masker mata yang menghidrasi bisa menghasilkan efek anti aging yang cepat," kata dilansir dokter bedah Dr Yannis Alexandrides, Dailymail.

3. Duduk Dekat Jendela
Duduk dekat jendela mungkin bisa buat Anda lebih segar karena ada pemandangan yang berbeda. Namun hal ini juga tidak terlalu baik untuk kulit jika kaca tidak bisa menyaring sinar UVA. Untuk itu, penting mengaplikasikan sunblock meski berada di dalam ruangan.

"Kaca hanya menyaring sinar UVB. Sinar UVA yang menembus lebih dalam, masih bisa masuk. Itu sebabnya banyak orang dewasa punya bintik-bintik di bagian kanan atau kiri saja, itu juga karena paparan UV dari jendala mobil ketika berkendara," kata Justine.

4. Terpapar AC
Jika tidak ada AC, kantor yang penuh orang memang akan gerah. Tapi bukan rahasia lagi jika penyejuk udara ini juga bisberkontribusi terhadap penuaan kulit Anda. Karenanya, disarankan untuk menyiapkan mist toner atau facial spray di laci kerja. Produk tersebut bisa sesekali disemprotkan untuk membuat wajah lebih segar, ternutrisi, dan lembap walau terpapar AC seharian.

5. Terlalu Banyak Minum Kopi
Anda yang sering lembur mungkin kerap mengandalkan kopi untuk membuat hari lebih bersemangat. Sebaiknya kopi tidak diminum setiap hari karena dapat merusak kulit. Menurut spesialis perawatan kulit Dr. Anita Sturnham, kebanyakan kafein dapat membuat kulit kering dan kusam. (ami/ami)