Ini Rasanya Kerja Bareng Suami Sendiri Menurut Istri Mark Zuckerberg

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 25 Okt 2016 06:39 WIB
Foto: REUTERS/Kay Nietfeld
Jakarta - Banyak orang menyarankan agar suami dan istri tidak bekerja dalam perusahaan yang sama atau membangun bisnis berdua. Ditakutkan hubungan tersebut akan menggangu perkembangan perusahaan ketika terjadi percekcokan atau perceraian. Namun mencampurkan hubungan pribadi dan profesional tidak sesulit atau seburuk yang dibayangkan. Paling tidak hal itulah yang dirasakan Priscilla Chan, istri CEO Facebook Mark Zuckerberg.

Priscilla dan Mark memang dianggap sebagai salah satu 'best couple' dunia. Suami istri yang bertemu di Harvard University tersebut ternyata bekerja bersama untuk The Chan Zuckerberg Initiative, sebuah badan amal independen yang berniat menyembuhkan penyakit dunia di akhir abad ini. Dalam acara Fortune Most Powerful Women Summit minggu lalu, Priscilla pun mengungkapkan bagaimana bekerja dengan Mark sebenarnya cukup menguntungkan.

"Kami saling melengkapi dan kami saling mendorong satu sama lain dan benar-benar menantang satu sama lain untuk berpikir lebih dalam tentang pertanyaan-pertanyaan yang kami hadapi," kata Priscilla dilansir Business Insider.

Menurut wanita 31 tahun tersebut, Mark membantunya untuk tetap fokus pada tujuan-tujuan mereka dalam menjalankan misi mulia tersebut. Sementara Priscilla juga membantu Mark untuk mempelajari konteks dari misi mereka.

"Mark menanyakan pertanyaan-pertanyaan untuk membuatku fokus pada tujuan-tujuan kami, jika kami membuat keputtusan untuk memperbaiki tujuan kami, atau apakah kami sudah menyimpang dari misi kami," ungkap dokter anak itu.

"Dan aku memaksanya untuk belajar mengenai konteks: apa yang akan kami lakukan, siapa orang yang terlibat, budaya seperti apa yang kami coba masuki, dan bagaimana kami bisa belajar dari orang-orang yang melakukan pekerjaan itu. Jadi kami mendorong satu sama lain dalam hal yang berbeda," tambahnya.

Menangani sebuah proyek besar tentu membuat Priscilla kadang merasa tertekan. Apalagi ia harus mengerjakannya bersama orang yang ada di dalam rumahnya. Perselisihan pun bisa jadi kapan saja. "Itu bisa sangat tidak nyaman tetapi itu bener-benar menyenangkan," tutur Priscilla. (ami/eny)