Berapa Lama Waktu yang Diperlukan untuk Mahir Merajut?

Intan Kemala Sari - wolipop Kamis, 06 Okt 2016 10:56 WIB
Foto: Dok. Getty Images Foto: Dok. Getty Images

Jakarta - Tidak sedikit orang yang memiliki hobi merajut. Pasalnya, merajut dapat melatih otak dan motorik tangan serta meningkatkan konsentrasi. Maka tak heran, kini banyak orang yang mulai menekuni merajut entah itu mengikuti kursus atau belajar secara otodidak. Lantas berapa lama waktu yang diperlukan agar mahir merajut?

Dituturkan oleh Linawati Santoso selaku pemilik kursus kerajinan tangan The Hand Crafter, lamanya waktu yang dibutuhkan seseorang untuk mahir merajut tergantung kepada kemampuan masing-masing individu. Jika giat berlatih, tidak menutup kemungkinan jika dalam hitungan hari ia sudah pandai menjalin benang-benang rajutan.

"Tergantung tiap orang ya, kalau dia telaten dan mau terus latihan mungkin dalam dua atau tiga hari sudah bisa. Tapi umumnya satu sampai dua bulan minimal sudah bisa bikin syal dan topi," kata Linawati saat dihubungi Wolipop, Selasa (27/8/2016).

Wanita 29 tahun ini mengatakan, ada salah satu murid di tempatnya yang sama sekali belum mengerti bagaimana caranya merajut. Tetapi berkat latihan terus-menerus ia bisa membuat syal dalam satu minggu.

Hal serupa juga diungkapkan oleh pemilik tempat kursus merajut Ivonne Needlecraft, Ivonne Wahyudi. Dalam satu bulan, para murid diharapkan sudah mahir menguasai teknik dasar merajut. Maka dari itu, ia menyarankan agar para pemula yang baru mulai merajut membuat syal yang potongannya lurus agar bisa mengulang-ulang teknik rajutan hingga lebih mahir.

"Biasanya saya kasih waktu satu bulan sampai bisa bikin syal. Kenapa syal karena kan diulang-ulang aja polanya dan bagus untuk latihan tangan biar nggak kaku dan tarikannya stabil. Kalau dia rajin mungkin nggak sampai satu bulan sudah jago," tutur Ivonne saat dihubungi Wolipop, Senin (29/9/2016).

Ibu tiga anak ini melanjutkan, murid-muridnya yang mengikuti kursus diberikan batas waktu dalam mengerjakan rajutannya. Misalnya, satu bulan untuk syal, dua hingga tiga bulan untuk membuat baju dengan motif dan pola yang lebih rumit.
(itn/ami)