Tren Hobi Merajut

5 Tips Belajar Merajut untuk Pemula

Intan Kemala Sari - wolipop Jumat, 30 Sep 2016 11:47 WIB
Foto: Dok. Getty Images
Jakarta - Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari merajut adalah melatih keterampilan tangan dan otak. Maka tak heran, merajut kini bukan lagi kegiatan nenek-nenek tetapi juga milik anak muda. Semakin banyak anak muda di usia produktif yang tertarik untuk belajar merajut dan membuat sesuatu yang bermanfaat. Ivonne Wahyudi, pemilik kursus kerajinan tangan Ivonne Needlecraft pun memberikan tips belajar merajut untuk pemula. Seperti apa?

1. Sabar dan Telaten
Kunci utama dalam belajar merajut adalah sabar dan telaten dalam melakukannya. Karena menurutnya, merajut juga bisa melatih kesabaran demi hasil akhir rajutan yang rapi.

"Merajut itu harus sabar dan telaten, yang penting yang putus asa. Karena ada orang yang susah sabar, begitu dia rasa sulit, nggak mau lanjutin rajutannya. Percuma kursus kalau nggak ada hasilnya kan, makanya kita tekuni dan niat jadi menghasilkan," tutur Ivonne saat dihubungi Wolipop, Senin (26/9/2016).

2. Konsentrasi
Dalam merajut, konsentrasi juga diperlukan untuk menghasilkan karya yang rapi dan sesuai yang diinginkan. Rajutan juga memiliki pola dan hitungan tersendiri, jika tidak mengerjakannya dengan konsentrasi, hasil yang didapatkan pun tidak maksimal.

3. Mau Usaha
Wanita yang membuka kursus merajut sejak 2012 itu menekankan pentingnya berusaha dan niat sungguh-sungguh dalam menyelesaikan rajutan. Terkadang, banyak orang yang merajut saat dirinya sedang mood atau ingin merajut saja. Menurut Ivonne, hal tersebut wajar karena setiap orang memiliki cara berbeda-beda untuk menyelesaikan rajutannya. Yang terpenting, berusaha sungguh-sungguh menjadi kunci kesuksesan selesainya hasil rajutan tersebut.

4. Jangan Cepat Menyerah
Ada beberapa tipe orang yang cepat menyerah saat menghadapi kesulitan dalam merajut. Baru satu kali mencoba, ia menyerah begitu saja tanpa mau mencobanya kembali. Ibu tiga anak itu menyayangkan hal tersebut, karena sesungguhnya kesulitan dan hambatan adalah awal dari keberhasilan.

5. Ikuti Passion
Ditambahkan oleh wanita yang sudah menekuni seni merajut selama lima tahun, Nita Rachmawati, saat memutuskan untuk belajar merajut, tentukan dulu mana yang akan dipelajari lebih dulu. "Ikuti passion saja dulu, apa mau teknik crochet atau knitting. Terus awalnya benang biasa saja dulu, jangan terpengaruh kata orang yang bilang harus benang import , mulai dari benang katun juga bisa," katanya saat diwawancarai Wolipop, Rabu (28/9/2016). (itn/itn)