Ahli Etika Ungkap Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Berkenalan

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 10 Sep 2016 10:10 WIB
Foto: thinkstock
Jakarta - Menghakimi seseorang tanpa tahu latar belakangnya memang tidak disarankan. Namun tak bisa dihindari juga jika kita sering menilai orang baru dari kesan pertama yang timbul saat berkenalan. Karenanya, Anda harus selalu memberikan sikap yang tepat dalam setiap pertemuan agar tidak dianggap kurang atraktif oleh orang baru, apalagi di lingkungan profesional. Ahli etika mengungkapkan tujuh kesalahan yang perlu dihindari saat memberi impresi pertama berikut ini:

Jabat Tangan 'Terlalu'
Perkenalan biasanya ditandai dengan jabat tangan. Meski kelihatannya sepele, salaman bisa menggambarkan kepribadian seseorang. Untuk itu, hindari menjabatnya terlalu kencang atau lemah. Selama menggenggam tangan kenalan baru, lihatlah matanya untuk beberapa detik. Hal tersebut bisa membuat nama Anda lebih mudah diingat.

Apa Kabar?
Jika Anda baru pertama kali bertemu dengan orang tersebut sebaiknya hindari menanyakan kabar atau mengatakan senang bertemu dia. Meski terdengar sopan dan ramah, hal tersebut dapat membuat Anda terlihat tidak tulus karena belum pernah mengenal sebelumnya. Dilansir Dailymail, disarankan untuk mengucapkan selamat pagi, siang, sore, atau malam saja agar lebih aman.

Pakai Aksesori
Dianjurkan pula agar Anda menghormati lawan bicara dengan melepas aksesori saat berkenalan. Aksesori yang dimaksud tentu bukan kalung serta cincin tapi topi, kacamata hitam, atau sarung tangan. Dengan begitu, Anda akan terlihat lebih sopan dan tahu etika.

Tidak Kontak Mata
Kontak mata sangat penting dalam percakapan, terutama saat Anda ingin meninggal impresi baik pada lawan bicara. Misalnya saja ketika bertemu perekrut kerja atau calon klien. Tapi jangan pula asal menatap. Pastikan jika kontak mata tidak mengintimidasi namun lembut seperti mata Anda tengah tersenyum.

Terlalu Semangat Kenalan
Jika posisi Anda lebih junior dari pada kenalan baru tersebut, usahakan untuk menunggunya mengajak jabat tangan. Meminta bersalaman lebih dulu bisa membuat Anda tampak terlalu bersemangat. Kadang-kadang hal tersebut tidak terlalu disukai orang.

Sambil Duduk
Ketika diajak bersalaman, usahakan untuk menyambutnya dengan berdiri. Apalagi bila orang tersebut jauh lebih tua dari Anda. Hal ini juga berlaku jika Anda wanita yang diajak berjabat tangan dengan pria.

Cipika-cipiki
Keharusan dalam mencium pipi saat berkenalan sebenarnya tergantung dari budaya di lingkungan Anda. Ketika bertemu seseorang dalam situasi profesional mungkin sebaiknya Anda menjabat tangan saja. Namun bila industri tempat Anda bekerja memang terkenal santai dan orang tersebut 'menawarkan', tak ada salahnya untuk cium pipi agar hubungan selanjutnya lebih akrab. (ami/ami)