Profesi Asisten Pribadi

Kerja Penuh Dedikasi Tak Kenal Waktu, Berapa Gaji Asisten Pribadi?

Intan Kemala Sari - wolipop Jumat, 26 Agu 2016 16:00 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Menjadi seorang personal assistant tentulah harus siap dengan segala konsekuensi yang dihadapi. Salah satunya adalah jam bekerja yang tidak menentu serta harus siap siaga setiap saat ketika atasan memerlukan.

Tak jarang juga seorang asisten pribadi bekerja 24 jam sehari demi memenuhi kebutuhan yang diinginkan sang atasan. Melihat dedikasi yang diberikan kepada atasannya, lantas berapakah pendapatan yang diperoleh seorang asisten pribadi?

Yuma Fukao, asisten pribadi yang pernah bekerja untuk aktris Pevita Pearce mengungkapnya pendapatan yang diterimanya berkisar di atas Rp 3 juta namun tidak lebih dari Rp 6 juta per bulan. Nilai tersebut diterimanya selama menjadi asisten pribadi pemain 'Lost In Love' itu selama kurang lebih 1,5 tahun.

Dituturkan oleh Ervia, wanita yang sudah 14 tahun menjadi asisten pribadi mengungkapkan bahwa pada umumnya, standar gaji yang diterima mulai dari Rp 9 juta hingga Rp 15 juta. Pendapatan tersebut merupakan nilai yang didapatnya saat bekerja 24 jam sehari bahkan terkadang di akhir pekan.

"Sebenarnya itu gaji standarnya, tapi kalau aku terkadang ada kelebihan rezeki di luar itu karena bosku cukup royal. Terkadang aku masuk kerja Sabtu dan Minggu juga, jadi ada harga yang harus dibayar dan untungnya bosku pengertian," kata Ervia saat ditemui Wolipop di The Promenade, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Tak hanya pengorbanan waktu saja, ia pun hampir jarang mempunyai waktu untuk berkumpul bersama teman-teman dan keluarganya. Karena hampir seluruh waktunya dihabiskan untuk menemani bosnya yang merupakan pengusaha yang bergerak di bidang ekspor-impor atau mengurusi urusan pribadi atasan yang sulit dikerjakan sendiri sehingga ia membutuhkan orang lain untuk mengerjakannya.

"Menurutku yang jadi indikator gaji asisten nomor satu adalah soal waktu. Waktu yang kami berikan sepertinya tidak terhitung dengan uang. Misalnya di saat orang lain tidur, jam 2 pagi bos telepon dia lupa taruh kunci rumah jadi aku harus samperin ke rumahnya bawa kunci cadangan. Hal simpel seperti itu harus tetap dilakukan, jadi ada harga yang harus dibayar," lanjut wanita yang hobi travelling itu.

Indikator lain yang membuat seorang asisten pribadi mendapatkan gaji hingga belasan juta juga dilihat dari pengalamannya dan masa kerjanya. Wanita yang akrab disapa Via itu mengatakan, untuk mendapatkan penghasilan dengan angka demikian, setidaknya sudah memiliki pengalaman minimal lima tahun menjadi asisten pribadi.

"Setidaknya dia sudah pernah jadi asisten pribadi selama lima tahun. Karena biasanya kalau ganti atasan atau pindah kerja, kami nggak perlu di training lagi karena sudah tahu apa saja yang harus dikerjakan," tutup wanita yang menjadi asisten pribadi sejak 2002 itu. (itn/itn)