5 Hal yang Jadi Tanda Anda Perlu Cari Kerja Lain

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 18 Apr 2016 10:12 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Pekerjaan Anda sekarang mungkin sudah tergolong mapan dan nyaman. Namun bukan berarti Anda tidak perlu mencari pekerjaan lagi dan tinggal di perusahaan itu selamanya. Kadang indikasi seorang pegawai perlu pindah kerja tidak sebatas bermasalah dengan atasan atau perkembangan karier saja. Sebaiknya lima hal berikut ini juga perlu dipertimbangkan:

1. Risiko Penyakit Jantung Anda Meningkat
Pekerjaan yang terlalu membuat stres dan pola makan tidak sehat dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Bila Anda menemukan kualitas kesehatan jantung semakin menurun dan tugas kantor semakin melelahkan serta menjadikan Anda tertekan, mungkin Anda perlu mulai cari pekerjaan di perusahaan atau divisi lain. Peneliti Tel Aviv University mengungkap jika kelelahan secara emosional dan fisik pada orang yang stres bekerja ada kaitannya dengan penyakit jantung.

2. Selalu Sedih
Selalu merasa down dan tidak bisa mengatasinya? Mungkin Anda butuh berada dalam lingkungan kerja baru yang lebih nyaman atau menantang. Penelitan City College of New York menganalisa kejiwaan lebih dari 5.500 guru yang merasa stres pada pekerjaan mereka. Peneliti pun menemukan 90% dari responden ternyata terdiagnosa depresi. Riset tentang kesehatan kejiwaan yang kurang sehat itu semakin mengasosiasikan kelelahan kerja dan depresi.

Baca Juga: 30 Gaya Menggemaskan Fashionista Cilik Dunia 

3. Jadi Lebih Spontan
Tanda berikut ini mungkin mengejutkan Anda. Bersikap lebih spontan ternyata bisa menjadi tanda ada kesalahan dari pekerjaan Anda. Riset University of Surrey mengungkap bahwa ketika karier tengah membuat kesal, kesehatan mental bisa terganggu. Anda pun bisa jadi lebih spontan dan mengambil keputusan berisiko serta irasional.

4. Busana Tambah Ketat
Pakaian yang menyempit juga bisa menjadi tanda Anda perlu berpikir ulang untuk bertahan lama di kantor. Riset dari Harvard Medical School yang meneliti 1.335 pria dan wanita mengungkap jika alasan kenaikan berat badan sering terkait masalah kerja. Ketika pekerjaan membuat Anda sangat tertekan, Anda bisa melampiaskannya dengan makan berlebihan.

5. Perjalanan ke Kantor Tak Bisa Ditolerir
Salah satu masalah bekerja di kota besar adalah kemacetannya. Pekerja yang tidak tahan dengan padatnya lalu lintas menuju kantor kerap mengundurkan diri setelah beberapa bulan. Jika selama ini Anda masih bertahan, ke depannya coba pikirkan matang-matang. University of Montreal pernah meriset jika orang yang terpapar dengan kemacetan atau kepadatan jalanan selama 20 menit jadi mudah stres dan kelelahan saat pekerjaan. (ami/ays)