ADVERTISEMENT

Ini yang Harus Diperhatikan Saat Ingin Jadi Beauty Blogger

Arina Yulistara - wolipop Senin, 29 Feb 2016 15:14 WIB
Foto: Arina Yulistara
Jakarta - Saat ini banyak wanita yang tertarik menjadi blogger. Selain bisa menulis segala sesuatu yang memang disukai, menjadi blogger juga dapat memperoleh keuntungan dari iklan maupun kerjasama dengan berbagai brand. Sasyachi yang telah memiliki penghasilan puluhan juta per bulan dari blog serta bisa disebut sebagai salah satu blogger kecantikan populer di Indonesia memberikan beberapa tips sukses menjadi seorang blogger.

Wanita dengan sapaan akrab Sasya itu mengatakan menulis secara konsisten merupakan kunci utama bila ingin menjadikan blog sebagai profesi. Sasya mengatakan ia rutin menulis minimal seminggu tiga kali namun akan lebih baik lagi bila setiap hari update.

Saat ingin menjadi beauty blogger, wanita 27 tahun itu mengatakan agar menulis apa yang memang Anda minati. Seperti Sasya, fokus tulisan lebih ke riasan ala wanita Korea. Sasya pun sering membuat ulasan tentang produk-produk Korea. Namun beberapakali ia juga melakukan variasi dengan memberikan ulasan tentang produk lainnya. Ketika menulis tentang suatu produk, ditekankan oleh Sasya agar Anda harus jujur.

"Kita harus jujur dengan apa yang kita review. Jangan karena mau diundang ke sana-sini terus supaya masuk majalah ini, itu, kamu malah bohong.  Jujur itu penting tapi nggak juga berarti menjelekkan atau menjatuhkan brand yang kita review, kita harus bisa mengemas tulisan kita dengan baik," papar Sasya saat berbincang dengan Wolipop pasca acara Shopee di Lewis dan Caroll Tea, Pakubuwono, Kebayoran, Jakarta Selatan, Jumat (26/2/2016).

Selain tulisan, wanita yang menjadi blogger sejak 2013 lalu itu menyarankan agar memiliki kualitas foto yang bagus. Oleh sebab itu, Anda harus memiliki kamera digital untuk mengabadikan gambar yang berkualitas, tidak buram dan menarik dilihat.

"Kalau jadi beauty blogger fotonya harus benar-benar bagus karena kan nanti kita jelasin review kecantikan lewat gambar, tutorial makeup juga pakai gambar, butuh kamera yang bagus," tambah wanita yang pernah meraih penghargaan sebagai Top Beauty Influencer di ajang Influence Asia 2015 di Singapura itu.

Lalu bagaimana agar blog bisa menarik orang untuk membaca? Menurut Sasya, konten dalam blog harus diperkaya. Seperti dirinya, Sasya mengatakan sering mencari ide berbeda untuk menarik pembaca blognya. Sebagai contoh, ia sering memberikan tutorial makeup agar mirip penyanyi atau aktris Korea. Banyak pula melakukan review pada produk-produk kecantikan yang sering dipakai. Tidak lupa judul untuk setiap tulisan haruslah menarik perhatian.

Setelah update tulisan di blog, Sasya menyarankan untuk mempromosikannya lewat media sosial. Wanita kelahiran 21 Mei 1988 itu pun masih sering mempromosikan tulisannya lewat Instagram pribadinya. Dengan cara tersebut, semakin banyak orang yang membaca blog milik wanita lulusan Universitas Al-Azhar itu.

(ays/ays)