4 Langkah yang Perlu Dilakukan Saat Ingin Jadi Penulis dari Fira Basuki

Arina Yulistara - wolipop Rabu, 27 Jan 2016 15:05 WIB
Foto: Arina Yulistara Foto: Arina Yulistara

Jakarta - Banyak penulis yang menjadi sukses dan terkenal. Namun tak semua orang percaya diri untuk bisa menulis. Menurut penulis Fira Basuki sebenarnya baik wanita maupun pria bisa menjadi penulis sukses asalkan mau berlatih. Apa saja langkah awal yang harus dilakukan untuk menjadi penulis? Berikut tipsnya dari penulis yang sudah menghasilkan lebih dari 25 buku ini.

1. Melatih Diri Mau Menulis
Kunci menjadi penulis sukses adalah membiasakan diri sendiri mulai sekarang menulis dengan konsisten. Usahakan minimal satu kali setiap hari. "Melatih diri sendiri menulis setiap hari mulai dari pagi, siang, sore, dan sampai bisa setiap waktu, saat dituntut menulis jadi kita bisa. Badan saya sekarang sudah terbiasa menulis apa pun dan kapanpun," tutur wanita asal Surabaya berusia 43 tahun ini saat ditemui Wolipop di toko buku Kinokuniya, Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (26/1/2015).

2. Punya Deadline
Ketika Anda ingin menjadi penulis yang sukses harus terbiasa punya deadline. Buat batas waktu Anda selesai menulis satu topik yang telah ditetapkan sebelumnya. Fira menegaskan agar jangan menunda dan akhirnya tidak bisa memenuhi deadline.

"Setiap penulis dituntut dengan deadline. Coba buat deadline untuk diri sendiri saat menulis. Kalau selesai lebih cepat malah lebih bagus," tambahnya kemudian.

3. Cari Ide
Wanita lulusan Communication Public Relation di Pittsburg State University dan Wichita State University itu mengatakan ide bisa datang dari mana saja, bahkan mimpi sekalipun. Fira bercerita bahwa bukunya yang berjudul 'Atap' terinspirasi dari mimpinya sendiri.

"Ide kan nggak jatuh dari langit, ide bisa dari mana saja. Bahkan buku saya yang 'Atap' itu datang dari mimpi awalnya. Saya mimpi terbang dan duduk di atap rumah lalu saya buat buku," ujar penulis buku 'Aku...Cantik' itu.

4. Terus Mengeksplor
Langkah ini yang masih terus dipelajari Fira hingga saat ini. Seorang penulis dituntut agar selalu bisa kreatif dalam mengembangkan idenya. Anda harus bisa mengeksplor ide untuk mendapatkan tulisan yang berkualitas.
(ays/ays)