ADVERTISEMENT

5 Kebiasaan Simpel yang Ternyata Bisa Tingkatkan IQ

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 27 Jan 2016 07:40 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Otak yang tangkas dan cerdas tentu mempengaruhi perkembangan karier seseorang. Untuk mengasahnya, Anda perlu terus bekerja dan mempelajari hal baru. Selain dengan banyak membaca, daya pikir dan kemampuan nalar juga bisa ditingkatkan dengan kebiasaan-kebiasaan simpel. Inilah lima diantaranya yang terbukti bisa menaikkan kecerdasan intelektual atau IQ menurut penelitian:

1. Berhenti Multitasking Digital
Wanita dikenal pandai melakukan banyak hal secara bersamaan atau multitasking. Sayangnya, hal tersebut belum tentu baik untuk otak, terlebih jika berkaitan dengan digital. Misalnya membaca e-book sambil mengirim pesan dengan teman. Atau menonton tv sambil sambil main handphone. Menurut penelitian yang dilakukan University of Copenhagen, hal tersebut dapat menggangu otak dan menurunkan IQ sampai senilai anak delapan tahun.

2. Buat Daftar 'Penasaran'
Kehadiran Google ternyata bisa menurunkan kemampuan berpikir dan mengingat. Dahulu orang harus membaca buku untuk mengetahui suatu ilmu atau informasi sehingga otaknya terasah. Sementara di 'era Google' seperti sekarang ini, orang lebih mengingat di mana informasi berada daripada informasi itu sendiri.

Untuk menghindari berkurangnya daya pikir, coba tulis hal apa saja yang Anda penasaran atau ingin ditahui. Kemudian cari tahu jawabannya secara. Jika ada waktu, lihat kembali 'daftar penasaran' itu untuk mengingat apa jawabannya untuk mengasah kognitif dan kemampuan mengingat.

3. Dengarkan Musik
Cara meningkatkan IQ yang satu ini cukup menyenangkan. Berdasarkan studi dari Finlandia, musik berkaitan dengan ingatan. Orang yang rutin mendengarkannya terutama musik klasik memiliki kemampuan belajar dan mengingat yang lebih baik. Untuk itu, mulailah mengoleksi instrumen musik klasik di gadget Anda.

4. Belajar Baca Cepat
Membaca dengan cepat juga bisa membuat Anda lebih cerdas. Bukan hanya mempengaruhi IQ, kebiasaan itu juga dapat meningkatkan empati hingga mengurangi depresi. Dilansir My Domaine, Anda yang tak terbiasa melakukannya bisa meminta bantuan dari aplikasi membaca cepat. Aplikasi itu bisa mencegah Anda subvocalizing atau mengucap kata dalam hati ketika membaca sehingga jadi lebih cepat.

5. Ambil Jalur Baru
Bila sedang tidak terburu-buru coba lah berangkat ke kantor melalui jalan yang tidak biasa dilewati. Menantang otak dengan cara itu ternyata dapat membentuk jalur saraf baru. Selain melewati jalan baru, Anda juga bisa mengalternatifkan hal lain misalnya menggilir restoran. Menurut sejumlah penelitian, mengubah kebiasan sehari-hari meningkatkan aktivitas otak. (ami/ays)