Pentingnya Me Time untuk Perkembangan Karier dan Keluarga

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 20 Jan 2016 07:28 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - Kesibukan di keseharian membuat banyak orang kehilangan 'me time' atau waktu untuk memanjakan diri sendiri. Terlebih ketika Anda adalah seorang ibu pekerja. Meski sibuk mengurus karier, anak, dan rumah tangga, me time tetap penting untuk disempatkan. Hal tersebut diperlukan demi mengisi energi supaya bisa Anda bisa menjalankan fungsi sebagai ibu, istri, juga karyawan lebih optimal. Bagaimana me time bisa menjadikan seseorang karyawan yang lebih berprestasi? Simak empat manfaatnya berikut ini:

1. Bekerja Lebih Baik
Tak ada salahya menyempatkan me time untuk ke salon/spa, nonton, atau belanja ke mal saat akhir pekan. Menurut penelitian dari London's University of Birkbeck, kegiatan menyenangkan dan berkualitas seperti itu bisa buat Anda lebih giat bekerja. Aktivitas me time dapat menjadikan Anda lebih semangat dan termotivasi ketika kembali mengerjakan tugas kantor. Ada baiknya pula untuk melakukan me time sebelum deadline agar lebih maksimal dalam menyelesaikannya.

2. Menguatkan Memori
Bekerja tentu juga mengandalkan daya ingat. Psikiater Harvard Ashwini Nadkarni, MD mengungkapkan ketika orang menghabiskan waktu sendirian, mereka bisa membentuk memori yang lebih kuat. Jika Anda tidak bisa keluar ruangan, coba melakukan me time dengan meditasi atau teknik mindfulness di rumah. Selain meningkatkan memori, Ashwini berpendapat jika cara itu dapat membuat orang mengamati dan memproses pikiran dan perasaan diri sendiri sehingga dapat lebih menikmati momen dalam hidup.

Baca Juga: 30 Lipstik yang Tahan Lama

3. Mempererat Hubungan Sosial
Ingin merasa lebih kompak dengan rekan kerja? Coba lebih sering melakukan me time. Psikolog Harvard Adam Wayzt mengatakan jika menikmati waktu sendirian bisa mendorong rasa empati. Penelitian yang diterapkan Adam pun mengungkap bahwa me time bisa membuat orang lebih pengertian sehingga dapat menjalin hubungan sosial dengan lebih baik.

4. Sehat Fisik dan Mental
Kesehatan tentu sangat berpengaruh dalam pengembangan karier. Untuk itu, jangan sampai Anda terlampau sibuk hingga tak bisa menikmati me time karena itu bisa menggangu kesehatan. Ketika stres melanda dan Anda tak punya waktu untuk melakukan hal menyenangkan, Anda rentan melakukan kebiasaan buruk seperti merokok, makan berlebihan, atau minum alkohol. Bila dibiarkan hal tersebut tentu dapat membahayakan kesehatan dan masa depan karier, bukan? (ami/hst)