ADVERTISEMENT

Tips untuk Pekerja yang Ingin Buka Usaha Sendiri Pasca Kena PHK

Intan Kemala Sari - wolipop Senin, 30 Nov 2015 07:16 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta -

Perasaan marah, sedih, panik, dan bingung bercampur menjadi satu ketika seorang karyawan mengetahui bahwa dirinya terkena PHK oleh perusahaan karena alasan tertentu. Agar tidak berlarut-larut dalam kesedihan dan keterpurukan, ada banyak cara yang bisa dilakukan agar bisa bangkit kembali dan mendapatkan penghasilan, salah satunya dengan melakukan bisnis.

Berbisnis sejatinya bisa dilakukan oleh siapa saja asal dijalani dengan niat dan sungguh-sungguh. Perencana keuangan Aidil Akbar mengatakan, bisnis menjadi salah satu alternatif pilihan bagi seseorang yang belum ingin kembali bekerja di perusahaan.

"Tetapi sebaiknya jangan lakukan bisnis yang memerlukan modal besar dan perputaran uangnya lambat. Seperti bisnis busana, karena kan nggak semua orang beli baju tiap hari. Kalau mau cari bisnis yang perputaran uangnya cepat, misalnya jual pulsa dan makanan," tutur Aidil saat dihubungi Wolipop, Selasa, (24/11/2015).

Konsultan karier dan psikolog dari Experd Consultant, Daisy Ratnasari menilai, memulai suatu usaha tentunya membutuhkan keberanian dalam mengambil keputusan sekalipun itu berisiko. Maka dari itu diperlukan kecermatan dalam menimbang risiko, kejelian dalam menangkap peluang, serta minat dan keuletan untuk memulai usaha.

 

Baca Juga: 50 Foto Before-After Selebriti yang Operasi Plastik

 

"Anda perlu mempertimbangkan kembali niat Anda untuk memulai usaha sendiri, terutama mempertimbangkan sumber daya manusia dan modal yang Anda miliki," terangnya saat diwawancara Wolipop melalui e-mail, Senin, (23/11/2015).

Menurut wanita kelahiran 26 Januari ini, bisnis yang bisa dilakukan sebaiknya disesuaikan dengan peluang bisnis dan perkembangan atau tren bisnis saat ini. Tetapi tentunya hal tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan segala hal, bukan hanya jangka pendek, melainkan juga jangka panjang.

"Hal ini dikarenakan memulai bisnis membutuhkan modal yang bisa jadi dalam bentuk besar, sehingga bisa saja menguras tabungan Anda atau bahkan sampai melakukan pinjaman ke Bank," lanjut wanita yang sudah lima tahun menjadi psikolog itu.

Ainy Fauziyah selaku motivator dan pelatih kepemimpinan menambahkan, membuka bisnis setelah terkena PHK boleh-boleh saja. Tetapi daripada menjalankan bisnis dengan modal besar dan sulit mendapat keuntungan, ada baiknya mulai jalani bisnis dari hal-hal kecil yang disukai.

"Kalau kita ada keahlian membuat kue, coba saja jalani bisnis itu. Beri tahu semua orang kalau kita sekarang buka bisnis membuat kue, tidak perlu malu," jelas Ainy saat dihubungi Wolipop, Kamis, (26/11/2015).

Ia melanjutkan, bisnis apapun itu yang dilakukan tidak mungkin bisa langsung sukses. Pasti ada jatuh bangun dan merangkak dari bawah. Agar nantinya tidak gagal saat membuka usaha, sebaiknya dipikirkan terlebih dahulu agar tidak menerka-nerka bisnis apa yang harus dilakukan.



(int/eny)