ADVERTISEMENT

5 Benda yang Wajib Dibawa Saat Hari Pertama Kerja

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 01 Sep 2015 07:27 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta - Perasaan gugup serta canggung wajar menghinggapi karyawan baru di hari pertama kerja. Namun jangan sampai perasaan tersebut membuat Anda lupa membawa barang-barang esensial. Karena jika begitu, atasan serta rekan-rekan bisa menganggap Anda kurang profesional. Jika kesan di hari pertama kurang baik, Anda bisa sulit berbaur dengan para kolega. Untuk itu, jangan lupa membawa lima benda ini ketika Anda baru menginjak kantor baru:

1. Pulpen
Salah satu barang penting yang harus Anda masukkan ke dalam tas kerja adalah pulpen. Hari pertama biasanya diisi dengan instruksi mengenai tugas, sistem kerja, dan lain-lain. Agar tidak lupa serta lebih mengerti, sebaiknya semua informasi dicatat dengan baik. Disarankan pula untuk mencatatnya di buku bukan di ponsel agar bisa ditulis secara lebih rinci dan mudah dimengerti.

2. Laptop
Sebelum melangkah ke kantor baru, Anda patut bertanya pada HRD mengenai kelengkapan peralatan kerja di hari pertama. Beberapa perusahaan mungkin ada yang belum menyediakan komputer atau laptop saat anak baru datang. Jika begitu, bawa saja notebook atau laptop pribadi Anda jika ada. Hal tersebut akan mempercepat proses belajar dan memberi kesan bahwa Anda orang yang memiliki inisiatif tinggi.
 
3. Dokumen Penting
Sebagai pegawai baru, cepat atau lambat perusahaan tentu membutuhkan data diri. Kadang hal tersebut diperlukan untuk mengurus fasilitas kerja, seperti asuransi. Jika bisa persiapkan barang-barang tersebut di hari pertama kerja. Jika takut dokumen-dokumen penting tersebut hilang jika dibawa sembarangan, Anda bisa mengkonsultasikannya terlebih dahulu kepada HRD atau manajer.

4. Uang Tunai
Uang tunai tentu wajib dibawa kemana-mana. Namun benda ini penting dimiliki pada hari pertama kerja demi mengakrabkan diri dengan rekan-rekan kerja baru. Yakni untuk makan siang bersama mereka sehingga Anda cepat mengenal dan akrab. Dailyworth menyarankan agar saat hari pertama Anda tidak makan sendiri namun ikut dengan teman-teman agar terkesan mudah bergaul.

4. Obat
Bagi Anda yang memiliki penyakit tertentu atau kerap terserang flu, ada baiknya untuk membawa obat-obatan pribadi. Hal tersebut penting dilakukan agar hari pertama Anda tidak terganggu dan membuat konsentrasi buyar. Rasanya juga tidak enak jika anak baru harus absen kerja karena sakit.

5. Kosmetik
Orang bilang kesan pertama sangat menentukan. Maka dari itu, pastikan bila penampilan Anda tidak mengecewakan. Agar tampil segar, paling tidak aplikasikan sedikit makeup dasar misalnya lipstik serta bedak. Bagi Anda yang pergi ke kantor baru dengan kendaraan umum atau motor, bawa serta parfum untuk menyamarkan aroma yang kurang sedap. 

(ami/hst)