4 Tips Sukses Mencari Kerja di Luar Kota

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 19 Jun 2015 06:19 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta -

Mencari pekerjaan di kota besar, terutama Jakarta bukan hal yang bisa dibilang mudah. Terlebih dengan ketatnya persaingan dan banyaknya pelamar dari daerah lain yang ingin mengadu nasib di tempat yang sama. Ketika ada peluang untuk mencari nafkah di luar kota, mengapa tidak diterima? Siapa tahu Anda bisa lebih sukses berkarier atau membangun usaha.

Meninggalkan kota di mana Anda lahir atau dibesarkan memang tidak mudah. Namun demi masa depan, hal tersebut perlu dipertimbangkan. Ketika sudah mapan, Anda pun bisa kembali kapan saja ke kota asal. Inilah empat tips yang penting diperhatikan sebelum memutuskan untuk pergi mencari pekerjaan ke luar kota?

1. Cari Lokasi yang Tepat
Bagi Anda yang belum memiliki tawaran kerja dari luar kota bisa secepatnya berusaha mencarinya. Yang pertama kali harus dilakukan tentu menentukan kota tujuan. Jika bisa pilihlah daerah yang sepertinya cocok dengan kepribadian, kebutuhan, atau kemudahan. Anda bisa mencari kerja di kota di mana banyak sanak saudara berada atau yang tidak terlalu jauh dari kota asal.

2. Mulai Awal
‚ÄéMencari kerja di kota lain mungkin akan memakan waktu yang lebih lama. Untuk itu, Anda perlu menyiapkan diri lebih awal. Misalnya bagi Anda yang akan menyelesaikan kuliah, bisa mulai mencari lowongan saat menjelang kelulusan. Kemudian mulailah bergabung dengan akun di media sosial yang sering membahas membahas tentang info lowongan kerja. Anda bisa menyaring lowongan tersebut sesuai dengan kota tujuan.

‚ÄéMendapatkan panggilan kerja mungkin akan memakan waktu. Dikutip dari Refinery 29, Anda bisa mengisi waktu kosong itu dengan melakukan kerja paruh waktu atau magang di perusahaan yang sesuai dengan bidang yang diminati. Hal tersebut akan membuka mata dan membiasakan Anda berhubungan dengan budaya di kota setempat.

3. Bangun Hubungan
Berkelana di luar kota untuk mencari nafkah tentu bukan hal yang mudah. Jika bisa, mulailah untuk membangun hubungan dengan banyak orang. Bila Anda mempunyai beberapa kenalan di daerah tersebut mungkin saja mereka bisa membantu mencarikan lowongan. Ketika ingin minta informasi lowongan pada kenalan di kota tujuan, hindari bersikap terlalu gamblang. Awalnya, Anda mungkin bisa bertanya mengenai sistem atau budaya kerja di kota tersebut. Lalu tanya mengenai potensi Anda untuk bekerja di sana. Kemudian baru Anda meminta informasi tentang lowongan di perusahaan mereka. Kalaupun mereka tak bisa membantu dalam hal karier, paling tidak Anda punya teman untuk mendukung beradaptasi.

4. Nikmati Prosesnya
Pencarian karier ini bukan tidak mungkin melelahkan. Namun nikmati saja prosesnya. Di masa depan mungkin Anda akan berterimakasih dengan segala rintangan karena menjadikan Anda orang atau pekerja yang lebih baik dan berwawasan. Sebaiknya jangan menerima penolakan secara personal. Jika niat Anda tulus, pasti akan ada jalan untuk mendapatkan pekerjaan. Mencoba sesuatu yang di luar zona nyaman juga bisa menjadi sebuah pintu kesuksesan.

(ami/eny)