ADVERTISEMENT

4 Tips Mencari Pekerjaan Melalui Media Sosial

- wolipop Kamis, 07 Mei 2015 18:25 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta - Media sosial memang tak hanya berfungsi sebagai tempat mengutarakan perasaan atau curhat. Saat ini, Twitter atau Facebook juga bisa dimanfaatkan untuk mencari pekerjaan. Media sosial adalah wadah yang efisien untuk mendapatkan informasi dari akun-akun yang sering mengabarkan lowongan kerja. Di sana Anda juga bisa bertemu dengan orang-orang yang bisa melancarkan 'jalan' karier. Simak empat tips berikut ini agar Anda bisa lebih mudah mendapatkan informasi kerja dari media sosial:

1. Follow Akun
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari dan mengikuti akun-akun yang sering menginformasikan lowongan kerja. Setelah itu Anda harus menyempatkan diri untuk aktif membuntuti akun-akun tersebut demi mendapatkan informasi lowongan yang sesuai dengan minat dan studi Anda. Jika bisa pantau lah setiap hari agar Anda tidak ketinggalan informasi.

2. Mulai Percakapan
Mencari kerja di media sosial bukan berarti Anda hanya menunggu sampai ada lowongan yang tepat. Anda juga bisa mem-follow dan menghubungi langsung para karyawan yang bekerja di bidang yang ingin digeluti. Dari situ, Anda dapat menyerap informasi mengenai budaya kerja bahkan lowongan di perusahaan mereka.

Menurut Joshua Waldman, penulis Job Searching with Social Media for Dummies pelamar disarankan untuk mendekati mereka secara halus. Misalnya dengan sering merespon status orang tersebut kemudian baru menghubungi melalui pesan langsung. Tanyakanlah terlebih dahulu apakah dia mau menginformasikan lowongan pekerjaan. Jangan lupa untuk menggunakan bahasa yang sopan namun tetap menunjukkan kepribadiaan.

"Ini dilakukan untuk membuka diri dan mendemostrasikan di Twitter bahwa Anda orang yang pintar. Ini mengenai menunjukkan kepribadian," ujar Joshua pada situs BBC.

3. Perbaiki Foto
Ketika belum berkarier mungkin Anda suka mengunggah foto yang unik atau bahkan gila di media sosial. Saat sedang giat mencari kerja, usahakan untuk mengganti gambar diri dengan yang lebih sopan. Joshua pun menyarankan pelamar untuk menampilkan foto close up sebatas pundak. Hal tersebut dilakukan agar perekrut dapat mengingat wajah Anda.

Jika ada foto-foto yang sepertinya kurang sopan, sebaiknya hapus saja. Karena perekrut bisa melihat foto-foto tersebut kemudian tidak jadi menerima Anda. Beberapa waktu lalu bahkan ada sebuah kasus di mana seorang wanita dipecat sebelum mulai bekerja karena status di Facebook-nya.

4. Upgrade Bio
Setelah memastikan jika foto Anda aman namun tetap menunjukkan kepribadian, coba perhatikan keterangan diri di profil. Jika bisa buat bio yang profesional namun playful di waktu yang sama. Mengkombinasikan gagasan mengenai hobi dan pekerjaan juga bisa membuat profil lebih mudah diingat. Buatlah kesan jika Anda adalah orang yang menyenangkan serta mau bekerja keras. Namun jangan pula mengumbar jika Anda sedang giat mencari kerja

(ami/ami)