5 Aktivitas Sederhana Setara Olahraga yang Bisa Dilakukan di Kantor

- wolipop Senin, 06 Apr 2015 08:18 WIB
dok. Thinkstock dok. Thinkstock

Jakarta - Sudah banyak penelitian yang membuktikan jika duduk terlalu lama menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Bahkan ketika Anda rutin berolahraga sekalipun. Sebuah riset bahkan mengungkapkan jika setiap jam yang dihabiskan dengan duduk diam meningkat potensi serangan jantung sebanyak 14%.

Lalu bagaimana dengan kebanyakan karyawan yang bisa duduk selama delapan jam di kantor? Satu-satunya solusi adalah dengan menyempatkan diri untuk bergerak di sela-sela kesibukan. Gerakan-gerakan yang disarankan Anda tak perlu menyiapkan alat-alat atau berkeringat. Meski sederhana, aktivitas-aktivitas berikut bisa menghindarkan Anda dari kegemukan, stres, atau masalah tulang.

1. Naik Tangga
Ruangan kerja Anda berada di lantai tiga? Jangan malas untuk menggunakan tangga demi mencapai ke sana. Aktivitas sederhana yang tidak banyak memakan waktu ini bisa menjauhkan Anda dari banyak masalah kesehatan. Sebuah penelitian mengungkapkan orang yang naik tangga tiga hingga lima lantai sehari mengurangi risiko serangan jantung sebanyak 29%.

Jika ingin hasilnya maksimal, lakukan kegiatan itu empat kali sehari karena bisa mengurangi sekitar 60 kalori. Naik tangga yang menyebabkan jantung berdetak kencang dan menghasilkan endorphin juga bisa membuat Anda lebih bahagia dan tenang.

2. Jalan Setiap Satu Jam
Ketika sedang asyik mengerjakan tugas, jangan lupa untuk bergerak. Menurut Total Beauty, disarankan agar Anda bergerak setidaknya lima menit dalam kurun waktu satu jam. Hal itu bisa dimanfaatkan untuk mengambil minum yang penting untuk orang yang duduk lama. Usahakan untuk tidak menggunakan telepon genggam selama lima menit tersebut sehingga mata Anda bisa beristirahat.

3. Peregangan
Selain mata, bagian tubuh lain yang paling lelah saat bekerja adalah jari dan pergelangan tangan. Untuk itu, sempatkanlah melakukan peregangan. Salah satu peregangan bagian tangan yang mudah adalah dengan menggengam bola karet. Genggam selama lima menit dan lakukan sepuluh kali. Kemudian setiap ada waktu luang, gunakan untuk melakukannya pada bagian lainnya.

4. Istirahat
Sebaiknya jangan habiskan masa istirahat Anda dengan berdiam di tempat duduk. Jika bisa pergilah untuk makan di luar. Riset menunjukkan jika beristirahat satu jam penuh dapat meningkatkan konsentrasi sehingga kerja bisa lebih maksimal setelah makan siang. Usahakan pula untuk tidak makan siang sambil mengerjakan tugas.

5. Kamar Mandi
Ketika Anda banyak duduk saat bekerja pastikan Anda banyak minum. Ketika sudah banyak mengonsumsi air putih, pasti Anda akan pergi ke kamar mandi minimal dua kali sehari. Saat Anda ingin buang air kecil ada baiknya untuk memilih toilet di lantai lain. Dengan begitu, Anda jadi bisa naik turun tangga lebih sering.

Saat sudah waktunya pulang, jika bisa janganlah menunggu untuk meninggalkan kantor lebih lama. Pulang secepatnya ternyata penting untuk kesehatan Anda. Selain mengurangi tekanan dan rasa lelah, riset membuktikan jika karyawan yang sudah bekerja 40 jam dalam seminggu akan mengalami penurunan produktivitas.


(ami/eny)