4 Tips Jaga Kebugaran Tubuh Saat Melakukan Perjalanan Bisnis

- wolipop Senin, 25 Agu 2014 18:06 WIB
Dok. Thinkstock Dok. Thinkstock

Jakarta -

Perjalanan bisnis ke luar kota bahkan luar negeri sering dilakukan di beberapa perusahaan. Umumnya, tugas ini diberikan pada pekerja yang sudah cukup ahli atau berpengalaman di bidangnya.

Jika Anda merupakan salah satu karyawan yang sering 'dinas', mungkin Anda kerap mengalami sedikit gangguan yang berhubungan dengan kesehatan selama perjalanan. Hal ini memang wajar mengingat kegiatan tersebut cukup melelahkan. Berikut adalah beberapa tips agar tetap bugar saat melakukan perjalanan bisnis yang dikutip dari BCC:

1. Sebelum Berangkat
Menjaga kebugaran agar perjalanan dinas lancar sebaiknya mulai dilakukan sebelum berangkat. Perhatikan asupan makanan, minuman, serta kebiasaan yang bisa membuat Anda jadi kurang sehat. Beberapa kebiasaan yang perlu dihindari tersebut, antara lain minum alkohol atau makan-makanan yang terlalu pedas serta asam.

Demi menjaga penampilan hindari pula melakukan perawatan yang membuat wajah akan tampak bengkak, seperti facial atau akupuntur. Pengusaha hotel Singapura, Peng Loh juga menyarankan agar Anda makan terlebih dahulu sebelum berangkat agar tidak lapar atau banyak mengemil selama perjalanan. Tentu saja hal ini bisa dilakukan pada perjalanan-perjalanan singkat.

2. Selama Perjalanan
Saat tengah berada di mobil, kereta, atau pesawat, buatlah perjalanan senyaman mungkin. Pastikan juga agar Anda tidak dehidrasi dan cukup tidur.

Bagi Anda pemilik kulit sensitif, perhatikan riasan dan produk perawatan kulit yang digunakan selama di perjalanan, terutama jika menggunakan pesawat. Terkadang AC pesawat terbang membuat kulit kering dan pecah-pecah. Maka dari itu, hindari memakai riasan yang berlebihan dan fokuskan perawatan kulit pada fungsi yang melembabkan.

Sempatkan pula sejenak waktu untuk tidur. Karena tidur dapat memudahkan Anda menyesuaikan diri dengan transisi waktu yang kerap membuat jetlag. Agar bisa tidur, Anda bisa terjaga lebih malam pada hari sebelumnya sehingga lebih mengantuk saat di perjalanan.

3. Setelah Sampai
Duduk terlalu lama di kendaraan kadang menyebabkan badan pegal-pegal. Maka, perhatikan gerak tubuh setelah mendarat di kota tujuan. Untuk itu, Peng Loh menyarankan agar kita segera aktif bergerak.

"Ketika aku sampai, segera aku berjalan sangat cepat agar darah mengalir lagi setelah kelamaan duduk," tambah Loh.

4. Usir Jetlag
Jika mengalami jetlag apa yang harus dilakukan? Demi menghindari kondisi ini, ternyata beberapa traveler memiliki cara yang berbeda-beda sesuai dengan kemampuan tubuh. Ada yang langsung beradaptasi dengan waktu di negara tujuan. Banyak pula yang memilih untuk tetap 'hidup' di zona waktu kota atau negara asalnya. Pada waktu-waktu seperti ini sangatlah penting untuk menjaga kesehatan dengan makan teratur dan menyempatkan diri untuk tidur demi menghindari 'kebingungan' zona waktu.

(ami/eny)