5 Cara Bekerja dengan Tenang Meski Tinggalkan Anak di Rumah

- wolipop Rabu, 16 Jul 2014 17:35 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta - Pilihan antara karir dan keluarga sepertinya selalu membayangi-bayangi para wanita. Sebagian dari mereka merasa keinginan menjadi ibu dan profesional yang hebat dalam waktu yang bersamaan agaknya sulit untuk diwujudkan. Keluarga terutama anak-anak tentu saja menjadi kekhawatiran tersebarnya.

Ada rasa bersalah melepas tanggung jawab sebagia ibu dan takut jika melewatkan momen berharga mereka. Agar Anda lebih tenang meninggalkan buah hati untuk bekerja, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Berikut empat caranya seperti yang dikutip situs kanal CNNMoney:

1. Serahkan pada pengasuh
Seseorang yang bisa menjaga dan merawat anak di rumah jelas dibutuhkan ketika memutuskan untuk tetap bekerja. Pengasuh dapat membuat aktivitas Anda di luar menjadi lebih fleksibel. Meninggalkan anak kepada orang lain memang bukanlah hal yang mudah. Terkadang ada rasa khawatir dan kurang percaya. Jika itu yang dirasakan, sebaiknya pantau keadaan pengasuh dan anak melalui telepon. Atau dengan memasang kamera cctv jika ingin lebih waspada.

2. Mindset Positif
Ibu bekerja sering menangis di dalam hati ketika meninggalkan anak untuk mencari nafkah. Sebagai solusinya, Anda bisa menerapkan sebuah pikiran positif yang memotivasi. Pikirkanlah bahwa meski berat yang Anda lakukan adalah demi memberi masa depan terbaik untuk anak-anak. Lebih baik bersusah sekarang dari pada menyesal di kemudian hari.

3. Sibukkan anak
Tips lain yang bisa Anda terapkan pada anak-anak adalah dengan menyibukkan kegiatan mereka. Dengan begitu, anak tidak akan merasa kesepian atau selalu mencari ibunya di rumah. Mereka juga bisa menambah kemampuan dari segala aktivitas yang diikuti dan menjadi lebih mandiri.

4. Rasa bersalah
Rasa bersalah meniggalkan anak pada perawat atau orang tua kerap membuat para ibu menyerah dan meninggalkan pekerjaan. Namun tetap berkarir saat sudah memiliki keturunan bukanlah hal yang buruk. Karena dengan begitu, Anda bisa menunjukkan bahwa ibu mereka adalah seseorang yang berprestasi dan tangguh. Anda juga bisa menjadi role model yang bisa dicontoh saat mereka dewasa.

5. Tempat yang Berdekatan
Tempat kerja dan rumah yang berdekatan bisa membuat Anda lebih lega tinggalkan anak bekerja. Karena waktu yang dihabiskan dengan keluarga tidak akan berkurang akibat perjalanan jauh menuju tempat kerja. Selain itu, perasaan akan menjadi lebih tenang karena keberadaan Anda tak begitu jauh dari mereka. Maka dari itu, usahkan tempat kerja tidak terlalu jauh atau terlalu memakan banyak waktu di perjalanan.

(ami/eny)