5 Cara Tetap Sehat Saat Sedang Banyak Pekerjaan

- wolipop Selasa, 01 Jul 2014 17:15 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta - Tak sedikit profesional yang jatuh sakit saat pekerjaan sedang banyak-banyaknya. Biasanya hal itu disebabkan karena imun tubuh menurun akibat terlalu lelah, stress, atau pola hidup yang jadi tak teratur. Agar selalu bugar saat menyelesaikan tumpukan pekerjaan, ada beberapa langkah sederhana yang bisa Anda lakukan. Berikut adalah lima caranya yang dikutip dari situs ABC:

1. Banyak Bergerak
Biasanya karyawan yang sedang sibuk bekerja menghabiskan sebagian besar waktu duduk di depan layar komputer atau laptop. Tumpukan pekerjaan membuat mereka berkonsentrasi untuk menyelesaikannya sehingga jadi tak banyak bergerak. Sementara banyak duduk diam adalah salah satu hal yang bisa dapat memicu penyakit, mulai dari pegal-pegal biasa sampai kelainan tulang.

Untuk itu, usahakanlah untuk tetap bergerak di sela-sela kesibukan agar otot-otot tidak menegang. Anda bisa melakukan streching atau memvariasikan aktivitas sehingga tidak hanya duduk seharian. Ambilah jeda istirahat selama satu-dua menit setiap 30 menit. Manfaatkan pula waktu istirahat untuk berjalan-jalan sehingga tidak jenuh.

2. Responsif Terhadap Gejala
Jika sudah mendapati tanda-tanda tak enak badan, sebaiknya jangan diabaikan. Bisa-bisa keesokannya pekerjaan menjadi lebih menumpuk karena Anda sakit dan tidak masuk kerja. Sesaat setelah merasakan gejala-gejala sakit, mulailah memperhatikan asupan pola makan, tidur yang cukup, dan tidak memforsir pikiran atau pekerjaan. Bisa juga dengan mulai menambah suplemen tambahan agar tak gampang sakit.

3. Kerja Luar Ruangan
Banyak bekerja di luar ruangan juga bisa menyebabkan seseorang cepat sakit, terlebih jika belum terbiasa. Bila Anda sering beraktivitas di bawah sinar matahari langsung, ingatlah untuk selalu mengaplikasikan sunblock dan perbanyak minum air putih. Bahaya paparan sinar matahari dapat menyebabkan seseorang mudah kehilangan kesadaran sampai memicu penyakit kanker kulit.

4. Menjaga Kesehatan Mata
Selain kesehatan tubuh, kesehatan mata juga perlu diperhatikan. Menatap layar monitor seharian dapat menyebabkan rusaknya penglihatan. Saat mata mulai lelah dan kering, ambil istirahat satu-dua menit untuk mengalihkan pandangan ke objek yang jauh dan banyaklah berkedip. Atur pula posisi laptop atau komputer agar sejajar dengan mata serta sesuaikan pencahayaannya. Periksakan pula kondisi mata Anda minimal setiap dua tahun sekali.

5. Menjaga Pola Makan dan Olahraga
Saat sibuk bekerja, peranan makanan menjadi cukup penting untuk tetap menjaga kesehatan. Jauhi makanan tidak sehat dan usahakan untuk tetap berolahraga. Salah satu cara untuk menjauhkan konsumsi tak sehat seperti makanan siap saji adalah dengan membawa bekal. Dengan begitu keamanan asupan makanan menjadi lebih terpercaya selain menghemat pengeluaran. Anda juga bisa mengajak rekan-rekan kerja untuk berolahraga bersama sehingga kegiatan tersebut menjadi lebih menyenangkan.



(ami/eny)