5 Cara Terhindar dari Stres Saat Berusaha Mencari Kerja

- wolipop Selasa, 15 Apr 2014 18:23 WIB
dok. Thinkstock
Jakarta - Rasa tertekan dan tidak tenang kerap menghantui sebagian orang yang tengah mencari pekerjaan. Terlalu banyak waktu luang bisa menyebabkan seseorang menjadi banyak memikirkan masalah yang sedang dihadapinya. Hal itulah yang bisa membuat si pencari kerja stres berlebihan hingga frustasi. Untuk menghindarinya, inilah lima cara yang bisa Anda coba, seperti dikutip BBC:

1. Buat Daftar Yang Harus Dilakukan
Agar waktu kosong Anda dapat dimanfaatkan dengan baik, buatlah daftar dan jadwal agar lebih fokus untuk mendapatkan pekerjaan. Misalnya perusahaan mana saja yang bisa Anda lamar. Kirimkan lamaran secepatnya dan tandai jika sudah. Catat pula jika ada panggilan-panggilan wawancara agar waktunya tidak bertabrakan.

2. Jangan Terlalu Banyak Cek Sosial Media
Salah satu dampak negatif sosial media adalah membuat seseorang dipenuhi rasa cemas. Hal ini perlu dihindari ketika tengah mencari kerja. Mengapa? Misalnya ketika melihat banyak teman Anda sudah dapat kerja atau ada teman yang mendapatkan pekerjaan impian, hal tersebut bisa membuat Anda lebih tertekan bukan? Online lah seperlunya, dan manfaatkan social media untuk hal yang positif seperti untuk mencari lowongan pekerjaan.

3. Cari Informasi Perihal Dunia Kerja
Banyak cara untuk memanfaatkan waktu luang Anda. Salah satunya adalah dengan mencari tahu segala macam informasi mengenai karir yang Anda akan geluti. Terlebih jika Anda akan melakukan wawancara dengan sebuah perusahaan, jangan sampai tak tahu apa-apa ketika ditanya tentang perusahaan mereka. Selain itu, bagi pemula, perbanyak pengetahuan perihal cara kerja pekerjaan yang Anda lamar juga bisa dilakukan sehingga sudah punya bayangan jika nanti diterima.

3. Meditasi dan Olahraga
Rasa cemas dan tertekan bisa juga diusir dengan cara olahraga atau meditasi. Banyak orang melakukan meditasi agar pikirannya menjadi lebih tenang dan lebih bisa mengatur perasaan. Sebagian lain melampiaskan rasa tak tenang bahkan amarahnya dengan cara olahraga. Jika Anda tak suka meditasi atau latihan berat, Anda bisa mencoba jogging di sekitar perumahan. Selain stres hilang sejenak dan menjadi sehat, Anda juga bisa lebih kenal tetangga.

4. Berlibur atau Mencoba Hal Baru
Tengah fokus mencari kerja bukan berarti tak boleh liburan. Berwisata ke tempat yang disuka atau menjalankan hobi bisa mengalihkan pikiran yang stres sehingga Anda bisa menjadi lebih tenang. Waktu seperti ini bisa juga Anda gunakan untuk mencoba suatu hal yang selama ini selalu ingin dilakukan. Seperti belajar memasak atau menjahit, coba bugee jumping, dan lain-lain.

5. Jadi Sukarelawan
Membagikan waktu yang kosong dengan berbagai macam kegiatan positif pun bisa menghindarkan Anda dari rasa stres ketika tengah cari kerja. Menjadi sukarelawan bukan hanya dilakukan untuk event-event besar, berpartisipasi dalam pekerjaan rumah juga bisa dilakukan. Apapun kegiatannya, asal rasa stres bisa teralihkan, bagikanlah waktu tersebut agar bisa lebih bermanfaat.

(ami/eny)