ADVERTISEMENT

Lulusan SMA Ini Bisa Beli Rumah & Mobil Pasca Bisnis Tupperware

- wolipop Selasa, 29 Okt 2013 16:39 WIB
Foto: Arina/Wolipop
Jakarta - Hampir semua wanita modern saat ini ingin berdiri sendiri dalam arti tidak selalu meminta bantuan pria dalam masalah keuangan. Tidak sedikit dari mereka yang memiliki usaha kecil-kecilan seperti melakukan penjualan produk. Itulah yang dilakukan oleh Upi Herawati selama empat tahun belakangan ini.

Ditemui di sela-sela acara yang membahas pengaruh Tupperware terhadap para wanita di Indonesia, Upi menceritakan kisahnya selama bergabung dengan produk yang dikenal sebagai tempat penyimpanan makanan itu. Wanita 39 tahun ini mulai menjalani bisnis Tupperware sekitar 2009 lalu.

Ia awalnya merupakan seorang pegawai swasta kemudian memutuskan berhenti bekerja setelah empat tahun menikah. Tidak betah menjadi ibu rumah tangga, ia ingin melakukan kegiatan tapi tidak tahu tujuan. Kemudian wanita kelahiran 11 Agustus 1974 itu mencoba bergabung dengan Tupperware karena awalnya ingin mendapatkan diskon. Ya, Upi merupakan salah satu pengguna produk tersebut.

Setelah mengikuti training, Upi merasa tertarik dan mulai menawarkan Tupperware ke teman-temannya dulu saat masih bekerja. Mendapat tanggapan positif, Upi melanjutkan usahanya. Setiap hari Upi berusaha menjual dan mempromosikan Tupperware. Awalnya ia mengaku merasa malu dan hanya menggunakan angkutan umum sebagai kendaraan.

Setelah enam bulan, ibu satu anak itu merasakan hasil usahanya, yaitu bisa membeli motor dengan uangnya sendiri. "Setelah enam bulan, kita dapat bonus tambahan 6 sampai 7 persen, saya beli motor itu lunas dari hasil bonus," tutur Upi kepada Wolipop.

Perjuangan Upi bukan tanpa rintangan, terutama tidak dapat izin dari sang suami. Namun setelah melihat hasil dari usaha istrinya, suaminya pun mendukung bahkan ikut membantunya. Wanita asli Jakarta itu tidak pernah lelah menjalani bisnisnya tersebut walaupun panas dan hujan. Ia pun mengaku memiliki target setiap tahunnya.

Dengan penuh keyakinan, Upi semakin giat dan fokus menjalani bisnis Tupperware demi keluarganya. Akhirnya setelah dua tahun, ia bisa wujudkan harapan anak-anaknya. Tidak hanya mampu memiliki mobil pribadi, Upi juga bisa membeli rumah sendiri yang sebelumnya mengontrak di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

"Empat tahun yang lalu saya takut bermimpi karena saya cuma lulusan SMA. Setelah mengikuti training Tupperware, saya merasa yakin dan bisa mewujudkan impian saya. Tidak cuma saya tapi juga orang lain, itu suatu kebanggaan dan penghargaan buat saya," ujar Upi saat acara Tupperware di Kempinski Grand Ballroom, Lantai 11, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (29/10/2013).

Upi kini telah menjadi Group Manager Tupperware. Ia menaungi 30 wanita lainnya. Kesuksesan itu tidak hanya dirasakan oleh Upi. Menurut survei terbaru yang dilakukan oleh Tupperware dan Global Fairness Initiative (GFI), 97 persen wanita penjual independen Tupperware merasakan perubahan financial yang positif. Fakta ini diungkapkan langsung oleh Chairman & CEO Tupperware Brands, Rick Goings.

Survei tersebut dilakukan di enam kota Indonesia seperti Jabodetabek, Banjarmasin, Surabaya, Bandung, hingga Medan dengan melibatkan sekitar 800 wanita yang telah menikah. Sebagian besar dari mereka merasa memiliki kehidupan yang lebih baik, lebih percaya diri, meningkatkan kedisiplinan, serta mempunyai jalinan pertemanan yang lebih luas lagi.

(aln/eny)