Bekerja di Kantor yang Didominasi Wanita? Atasi dengan 4 Cara Ini

- wolipop Selasa, 02 Apr 2013 18:28 WIB
Dok. Thinkstock Dok. Thinkstock

Jakarta - Umumnya, pria yang bekerja di lingkungan kantor yang didominasi wanita, mengalami kesulitan untuk beradaptasi. Sebab, tempat kerja yang mayoritas wanita biasanya menerapkan budaya dan cara kerja tertentu. Apakah Anda mengalaminya? Jika demikian, sebaiknya atasi dengan empat cara ini, seperti dirangkum dari Career Builder.

1. Berbagi Apa yang Dirasakan
Apabila ada masalah dalam pekerjaan, biasanya wanita akan lebih terbuka untuk mengungkapkannya. Namun berbeda dengan pria, mereka cenderung lebih tertutup. Oleh karena itu, sebaiknya mulailah untuk bisa berbagi apa yang dirasakan dan diskusikanlah. Lingkungan kantor seperti ini juga memungkinkan Anda untuk lebih terbuka dalam mengemukakan ide dan mencapai tujuan bersama.

2. Hati-hati dengan Bully
Tak sedikit wanita yang gemar melakukan bully di kantor. Sebab, pekerjaan wanita terbiasa harus berjuang untuk bisa mendapatkan kesetaraan dalam bekerja. Sehingga sikapnya pun cenderung lebih berani. Apabila Anda didiskriminasi atau bully di kantor, tak ada salahnya mengungkapkan hal tersebut kepada atasan.

3. Tonjolkan Sisi Lembut
Biasanya pria berbicara dengan suara yang keras dan sedikit kasar. Namun perilaku seperti ini cenderung tak bisa diterima di lingkungan kantor yang didominasi wanita karena mereka lebih sensitif. Akan lebih baik bila sedang berkomunikasi dengan rekan kerja wanita, Anda lebih bersikap sopan, lembut, dan menghargai mereka.

4. Bangga dengan Pekerjaan
Jika memang profesi Anda yang didominasi oleh wanita ini merupakan passion Anda, maka berbanggalah dengan pekerjaan tersebut. Lakukanlah yang terbaik meskipun profesi yang dijalani mungkin dianggap sebagai pekerjaan yang feminin.



(rma/rma)