Liputan Khusus

Sulung Landung, Jatuh Bangun Jadi Manajer Artis Ternama

- wolipop Selasa, 25 Sep 2012 07:47 WIB
dok. Sulung Landung (Facebook) dok. Sulung Landung (Facebook)

Jakarta - Sulung Landung merupakan salah satu pria yang sukses merintis kariernya sebagai manajer artis di Indonesia. Saat ini ia menjadi pendiri sebuah artist management ternama, Avatara88. Pria yang hobi travelling itu kini juga sedang mengembangkan kariernya di dunia entertainment sebagai produser film.

Sebelum merealisasikan keinginannya sebagai produser, Sulung pernah menjadi asisten produser dalam film Serigala Terakhir. Tidak hanya sampai di situ, dia pun benar-benar menjadi produser dari sebuah drama musikal 'Gita Cinta dari SMA' di tahun 2010 yang diperankan oleh sejumlah artis ternama, seperti Surya Saputra, Cynthia Lamusu, Indra Bekti, dan lainnya.

"Saya pribadi ingin menjadi produser film yang berkualitas. Saya sudah merintis ke arah sana juga, saya ingin memberikan film yang bisa menginspirasi Indonesia. Kini, lagi berjalan, sebelumnya saya juga pernah menjadi co-produser dalam film Serigala Terakhir," papar Sulung Landung saat berbincang dengan wolipop Kamis (21/9/2012).

Perjalanan Sulung dari awal masuk ke industri hiburan tidaklah mudah. Dia mengawali kariernya sebagai seorang runner (posisi orang suruhan di bawah crew) dan hanya dibayar Rp 100.000 untuk bekerja mulai pukul 08.00 hingga 01:00 dini hari. Dari sanalah Sulung mengenal banyak orang hingga akhirnya bergabung dalam IP Entertainment pada tahun 2000, kemudian pindah ke LOOK inc. di 2003.

Dari pengalaman Sulung, menjadi manajer artis bukan pekerjaan gampang. Pria kelahiran Pematang Siantar ini harus bekerja keras, mulai dari mencari pekerjaan untuk artisnya sampai menaikkan pamor sang artis. Sulung pun pernah ditipu oleh salah satu pihak penyelenggara sebuah event dengan cek kosong. Hal tersebut menjadi pelajaran hidup agar lebih berhati-hati ke depannya.

"Itu dalam semua bisnis sepertinya sih ada ya, kita harus lebih berhati-hati saja, padahal saya orang yang sangat hati-hati," papar pria lulusan Fakultas Hukum di Universitas Pancasila itu.

Kegigihannya membuat kariernya semakin berkembang. Tahun 2005, Sulung berani mengambil langkah baru dengan mendirikan sebuah manajemen artis sendiri yang diberi nama SL Artist Management. Jatuh-bangun dia rasakan, tapi tidak menurunkan semangatnya untuk terus maju. Dia merasa bahwa ini adalah passion-nya yang harus dikejar.

"Setiap orang berbeda-beda passion-nya di mana. Kalau saya merasa, hidup saya ya di sini, saya nggak akan ke mana-mana lagi," tutur Sulung yang baru saja merilis buku 'Artist Management 101: Jalan Panjang Lahirkan Bintang' itu.

Kini, Sulung telah meraih mimpinya sejak masih duduk di bangku SMP. Setelah lima tahun merangkak, dia mengubah nama manajemen artisnya menjadi Avatara88 pada 2010. Saat ini, Avatara88 menangani tujuh artis, di antaranya Dian HP, Cathy Sharon, Julie Estelle, Ben Joshua, Laudya Cynthia Bella, Vino G. Bastian, dan Dion Wiyoko, serta delapan artis lain yang menjalin kerja sama dengannya.





(eny/kik)