5 Cara Membuat Kesan Pertama yang Baik di Kantor

- wolipop Rabu, 11 Jan 2012 14:07 WIB
Dok. Thinkstock Dok. Thinkstock

Jakarta - Ketika baru pertama kali masuk kantor, sebagai karyawan baru Anda sebaiknya memberikan kesan yang baik. Kesan pertama ini penting untuk memudahkan Anda berinteraksi dan bersosialisasi dengan bos dan rekan kerja.

Bagaimana caranya membuat kesan pertama yang baik. Lima pakar dalam dunia kerja memberikan lima tipsnya untuk Anda, seperti dikutip dari Real Simple:

1. Jangan banyak berbicara

Pendiri situs firstimpression yang juga menulis buku berjudul serupa Ann Demarais, PH.D menyarankan, agar Anda stop terlalu banyak bicara. Saran tersebut diberikannya karena tak sedikit orang memiliki kebiasaan menyampaikan informasi yang tak berujung pada pertemuan pertama.

Pada dasarnya hal yang perlu dilakukan yaitu cukup dengan sekadar menyapa dan memberikan senyuman atau menanyakan hal yang sederhana, misalnya seperti menanyakan tentang kesibukan apa yang sedang dihadapi pada saat itu. Dengan tidak terlalu banyak bicara, Anda tetap dapat melakukan interaksi dengan sesama rekan kerja satu kantor dan memperlebar relasi Anda tanpa dicap sebagai si cerewet.

2. Jadilah diri sendiri apa adanya

Menurut Lucila McElroy pendiri situs motivator, WeAreMomentum.com, menjadi diri sendiri dan tampil apa adanya merupakan cara yang patut dilakukan saat baru pertama kali bertemu dengan seseorang. Dengan begitu Anda akan tampak natural tanpa harus berlakon menjadi orang lain atau dibuat-buat.

Memang merupakan hal yang wajar jika kita ingin tampil sempurna di depan bos atau rekan kerja. Namun dengan menjadi diri sendiri akan membuat mereka justru lebih menghargai Anda secara keseluruhan tanpa adanya omongan-omongan yang tidak enak di belakang Anda. Percayalah bahwa manusia tidak ada yang smepurna, meskipun Anda memiliki kekurangan tapi mereka akan lebih menghargai karena memang itulah diri Anda yang sebenarnya.

3. Sebut nama lawan bicara Anda

Jika Anda berinteraksi dengan rekan kerja yang belum begitu dekat dengan Anda, sosiolog asal University of Southern California, Julie Albright, menyarankan, jangan menyebutnya dengan kata "kamu". Namun sebutlah nama lawan bicara Anda tersebut.

Cara tersebut membuat mereka merasa istimewa layaknya seperti Anda terbiasa dengan mereka. Apabila Anda termasuk orang yang sulit menghafal nama orang yang baru dikenal, jangan hanya berhenti di situ saja, biasakan untuk menyapanya terus setiap bertemu di kantor. Dengan begitu Anda akan terus mengenalinya dan dapat berhubungan dengan baik.

4. Rendah hati

Menurut Ben Dattner, seorang psikolog dan penulis "The Blame Game", kebanyakan orang saat diwawancara kerja terlihat begitu mementingkan diri sendiri bahkan terkadang suka terlalu berlebihan dalam mempromosikan dirinya. Sebaiknya tetaplah menjadi orang yang rendah hati dan membiarkan orang lain tahu bahwa Anda menganggap diri Anda manusia biasa yang memiliki kekurangan.

5. Menghargai lawan bicara

Apabila sedang berinteraksi dengan rekan kerja, penulis buku 'What Every Body Is Saying', Joe Navarro mengatakan, jangan pernah Anda menunjukkan ekspresi wajah netral seolah-olah tidak tertarik dengan topik pembicaraan yang sedang dilontarkan oleh rekan kerja. Salah satu cara terbaik untuk membuat kesan pertama yang baik yaitu dengan menghargai lawan bicara Anda. Sebagai pendengar, tunjukkan bahasa tubuh yang memang menunjukkan Anda mendengarkan lawan bicara Anda. Misalnya, mengangguk atau tersenyum saat Anda memahami dan setuju pada ucapannya.




(rma/eny)