5 Trik Meminimalkan Biaya Kebutuhan Rumah Tangga

- wolipop Kamis, 01 Des 2011 13:02 WIB
Dok. Thinkstock Dok. Thinkstock

Jakarta - Mengelola keuangan, terutama untuk biaya kebutuhan rumah tangga sehari-hari memang tidak mudah. Sebisa mungkin, kita dituntut untuk bisa mendapatkan hasil maksimal dengan pengeluaran sehemat-hematnya.

Ketika berbelanja, mungkin Anda sering dihadapkan pada dua produk sejenis dengan harga dan merek berbeda. Banyak anggapan bahwa produk yang harganya lebih mahal memiliki kualitas lebih tinggi, padahal kenyataannya tidak.

Anda harus cermat memilah barang belanjaan mana yang bisa dihemat. Hal ini juga berlaku untuk asuransi mobil atau obat-obatan. Seperti dilansir Womansday, simak trik menekan biaya kebutuhan rumah tangga berikut ini.

1. Makanan Organik

Anda akan dengan mudah menemukan bahan makanan organik di supermarket, namun Anda tidak perlu membeli belanjaan tersebut berdasarkan nama brandnya. "Sebaiknya Anda membeli bahan makanan organik yang merupakan produk keluaran supermaket tempat Anda belanja, karena produk tersebut jauh lebih murah dibanding produk dengan brand tertentu. Kualitasnya pun sesuai dengan standar pemerintah," saran Teri Gault, pendiri The Grocery Game, sebuah website yang bertujuan mendidik pembeli untuk hemat dalam berbelanja. Ketika bahan makanan organik yang bermerek tidak sedang diskon, membeli produk keluaran supermarket bisa menghemat 50% biaya belanja Anda.

2. Asuransi Mobil

Pelajari baik-baik sebelum Anda membeli produk asuransi mobil yang harganya cukup mahal tersebut. Biasanya, ketika Anda membeli mobil, dealer tempat Anda membeli mobil sudah memberikan asuransi standar untuk mobil Anda. Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk membeli produk asuransi mobil, ada baiknya berkonsultasi dulu dengan dealer Anda untuk mengetahui kerusakan seperti apa yang ditanggung oleh asuransi standar yang diberikan dealer tersebut.

3. Air Minum dalam Kemasan

Sekarang ini sudah banyak sekali merek-merek Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang beredar di pasaran, baik yang merek lokal maupun impor. Harga juga bervariasi, bahkan ada yang relatif mahal. AMDK impor biasanya dibandrol dengan harga yang cukup tinggi, sehingga Gault menyarankan sebaiknya Anda membeli AMDK yang sesuai dengan standar pemerintah untuk menghemat biaya belanja Anda. AMDK lokal saat ini sudah memenuhi standar pemerintah, kualitasnya tidak kalah dengan produk impor, dan harganya jauh lebih murah daripada produk tersebut.

4. Tabir Surya

Untuk melindungi kulit dari bahaya sengatan sinar matahari, wanita sering menggunakan tabir surya dari produk tertentu yang harganya cukup mahal. Menurut Christine Frietchen, pimred dari situs ConsumerSearch yang memberikan informasi untuk membantu konsumen membuat keputusan pembelian, membeli tabir surya bermerek adalah pemborosan. Yang terpenting dari tabir surya adalah kandungannya, tabir surya yang bagus harus memiliki kandungan minimal SPF 30 serta mampu melindungi Anda dari sinar UV A dan UV B. Jika sebuah produk sudah memenuhi standar tersebut, Anda tidak perlu mencari produk bermerek dengan harga lebih mahal.

5. Obat Generik

Sering kita mendengar bahwa kualitas obat generik di bawah obat pada umumnya, padahal pendapat tersebut belum tentu benar. Denise Winston, seorang ahli keuangan dan juga pendiri Money Start Here, sebuah situs untuk membantu mengelola keuangan berkata, "Obat generik memiliki kandungan yang sama persis dengan obat yang memiliki merek dagang tapi harganya jauh lebih murah. Jika dokter atau apoteker tidak menawarkan obat generik, sebaiknya Anda menanyakan kepada mereka, karena obat ini membuat Anda berhemat 30-50%."




(hst/eny)