ADVERTISEMENT

Doa untuk Pengantin Baru Arab dan Latin Agar Pernikahan Berkah

Arina Yulistara - wolipop Senin, 02 Jan 2023 11:19 WIB
Doa untuk Pengantin Baru Doa untuk Pengantin Baru. Foto: Dok. Detikcom
Jakarta -

Dapat undangan pernikahan dari kerabat? Jangan lupa hapalkan doa untuk pengantin baru agar pernikahannya semakin berkah.

Sebagai umat Islam, kamu wajib menghadiri pernikahan saudara sesama Muslim bila diundang dan tak ada halangan. Kamu bisa memberikan doa untuk pengantin saat hadir di acara pernikahan.

Anjuran menghadiri pernikahan saat diundang oleh yang punya hajat juga sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW. Rasulullah SAW pernah bersabda:

إِذَا دُعِيَ أَحَدُكُمْ إِلَى الْوَلِيْمَةِ فَلْيَأْتِهَا

Artinya:

"Jika salah seorang di antara kalian diundang menghadiri acara walimah, maka datangilah." (HR. Bukhari no. 5173)

Saat menghadiri pesta pernikahan, jangan hanya memberikan ucapan selamat atau samawa (sakinah mawadah warrahmah) tapi juga berikan doa untuk pengantin. Apa saja doa untuk pengantin yang bisa kamu baca saat menghadiri pernikahan teman atau kerabat?

Berikut ragam doa untuk pengantin baru yang bisa kamu amalkan ketika datang kondangan:

1. Doa untuk Pengantin Baru Agar Bahagia

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ وَعَافِيَةٍ

Bârakallâhu laka, wa bâraka 'alaika, wa jama'a bainakumâ fî khairin wa 'afiyah

Artinya:

"Semoga Allah SWT memberi berkah untukmu. Semoga Allah menurunkan kebahagiaan atasmu. Semoga Allah SWT menyatukan kamu berdua dalam kebaikan dan 'afiyah," (Lihat Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Cetakan Al-'Aidrus, Jakarta)

2. Doa untuk Pengantin Baru Agar Dijauhi Pelakor

لَا يَحِلُّ لَكَ النِّسَاۤءُ مِنْۢ بَعْدُ وَلَآ اَنْ تَبَدَّلَ بِهِنَّ مِنْ اَزْوَاجٍ وَّلَوْ اَعْجَبَكَ حُسْنُهُنَّ اِلَّا مَا مَلَكَتْ يَمِيْنُكَۗ وَكَانَ اللّٰهُ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ رَّقِيْبًا

Artinya:

"Tidak halal bagimu menikahi wanita (lain) setelah itu, dan janganlah (juga) kamu menggantinya dengan istri (lainnya), meskipun kecantikan mereka menarik hatimu kecuali wanita (budak) yang kamu miliki. Dan Allah Maha Mengawasi segala sesuatu." (QS. Al Ahzab:52)

3. Doa untuk Pengantin Baru Agar Diberi Keberkahan

يٰٓاَيُّهَا النَّبِيُّ اِذَا جَاۤءَكَ الْمُؤْمِنٰتُ يُبَايِعْنَكَ عَلٰٓى اَنْ لَّا يُشْرِكْنَ بِاللّٰهِ شَيْـًٔا وَّلَا يَسْرِقْنَ وَلَا يَزْنِيْنَ وَلَا يَقْتُلْنَ اَوْلَادَهُنَّ وَلَا يَأْتِيْنَ بِبُهْتَانٍ يَّفْتَرِيْنَهٗ بَيْنَ اَيْدِيْهِنَّ وَاَرْجُلِهِنَّ وَلَا يَعْصِيْنَكَ فِيْ مَعْرُوْفٍ فَبَايِعْهُنَّ وَاسْتَغْفِرْ لَهُنَّ اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

Artinya:

"Wahai Nabi! Ketika wanita yang beriman datang kepada Anda untuk melakukan Bai'at (janji setia), bahwa mereka tidak akan menyekutukan Allah; Tidak akan mencuri, tidak akan berzina, tidak akan membunuh anak-anak mereka, tidak akan berdusta bahwa mereka mengarang antara tangan dan kaki mereka dan tidak akan mendurhakai Anda dalam urusan yang baik, maka terimalah janji kesetiaan mereka dan mintalah ampunan bagi mereka dari Allah. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. Al Mumtahanah:12)

4. Doa untuk Pengantin Baru dari Rasulullah SAW

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Artinya:

"Semoga Allah memberkahimu di waktu bahagia dan memberkahimu di waktu susah, serta semoga Allah mempersatukan kalian berdua dalam kebaikan" (HR. Abu Dawud no. 2130)

Yuk hapalkan doa untuk pengantin baru agar kamu bisa mengamalkannya ketika pergi kondangan.



Simak Video "Gen Halilintar Masuk Nominasi Nickelodeon Kids Choice Awards 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)