ADVERTISEMENT

Doa Pernikahan Singkat yang Mudah Dibaca Sesuai Ajaran Rasulullah

Anggi Mayasari - wolipop Rabu, 05 Okt 2022 05:00 WIB
Doa pernikahan Doa pernikahan. Foto: Dok. Detikcom
Jakarta -

Berbagai doa pernikahan bisa dilafalkan sebagai bentuk harapan baik untuk pengantin baru. Biasanya para tamu undangan akan melantunkan doa pernikahan dengan harapan kehidupan pengantin akan langgeng dan harmonis.

Pernikahan dalam Islam adalah salah satu bentuk ibadah. Sebagaimana disebutkan dalam firman Allah Al-Quran surat Ar Rum ayat 21

وَمِنْ ءَايَٰتِهِۦٓ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَٰجًا لِّتَسْكُنُوٓا۟ إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُم مَّوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Wa min āyātihī an khalaqa lakum min anfusikum azwājal litaskunū ilaihā wa ja'ala bainakum mawaddataw wa raḥmah, inna fī żālika la`āyātil liqaumiy yatafakkarụn

Artinya: "Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir."

Sementara itu, dalam sebuah hadits yang bersumber dari Anas bin Malik ra, dikatakan bahwa pernikahan adalah penyempurna separuh agama.

Dari Anas bin Malik ra, berkata: "Telah bersabda Rasulullah SAW yang artinya: "Barangsiapa menikah, maka ia telah melengkapi separuh dari agamanya. Dan hendaklah ia bertakwa kepada Allah dalam memelihara yang separuhnya lagi." (HR. Tabrani dan Hakim).

Doa Pernikahan Islam

Penting bagi setiap Muslim untuk mendapatkan beberapa berkah Allah termasuk dalam pernikahan mereka. Oleh karena itu, bila menghadiri acara pernikahan dan bertemu dengan kedua mempelai yang sedang berbahagia, sebagai umat islam disunnahkan untuk mengucapkan selamat sekaligus juga doa pernikahan.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

Allahummagfirlahum warhamhum wabairik lahum fiimaa razaqtahum.

Artinya :

"Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa - apa yang Engkau karuniakan kepada mereka." (HR Ahmad)

Doa Pernikahan Bahasa Arab

Doa pernikahan agar kehidupan pengantin menjadi terbaik adalah suatu keharusan. Karena mereka akan memiliki begitu banyak pengalaman dalam kehidupan pernikahan.

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ، وَاغْفِرْ لَهُم،ْ وَارْحَمْهُمْ

Allahumma baarik lahum fiimaa razaqtahum waghfir lahum warhamhum.

Artinya :

"Ya Allah, berkahilah apa - apa yang Engkau karuniakan kepada mereka, ampunilah mereka dan sayangilah mereka." (HR Muslim)

Doa Pernikahan Barakallahu

Dari Abu Hurairah radiyallahu anhu, ia menyatakan bahwa jika Nabi Muhammad ingin memberikan ucapan selamat pada seseorang yang menikah, beliau mendoakan :

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Barakallahu laka, wa baraka 'alayka wa jama'a baynakuma fii khayr.

Artinya :

"Mudah - mudahan Allah SWT memberkahimu, baik ketika kamu sedang senang maupun kamu sedang susah. Dan Allah SWT selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan." (HR Abu Dawud)

Itulah doa pernikahan yang bisa dibaca sekaligus mengucapkan selamat kepada mempelai yang berbahagia. Doa pernikahan Islam yang singkat tersebut mudah dilafalkan dan sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW



Simak Video "Korea Utara Rilis Foto-Foto Terbaru Putri Kim Jong Un"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)