ADVERTISEMENT

7 Sumber Mata Air Siraman Erina, Rumah Jokowi Hingga Masjid Sheikh Zayed

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 08 Des 2022 16:15 WIB
Yogyakarta -

Sejumlah prosesi adat akan dijalani Erina Gudono jelang hari pernikahannya dengan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep. Salah satunya prosesi siraman yang menggunakan air dari tujuh sumber.

Ketujuh sumber mata air tersebut diungkap oleh Mamuk Rahmadona, perias pengantin tradisional yang menangani riasan untuk prosesi siraman, midodareni, akad nikah, hingga panggih. Adapun lokasinya terbagi di dua daerah yang mewakili asal kedua calon pengantin, yakni Yogyakarta dan Solo.

Erina GudonoPenampilan Erina Gudono untuk semaan di kediamannya, Kamis (8/12/2022). (Foto: Morden/Bride Story)

"Ada air dari kediaman Pak Jokowi, kediaman Jeng Erina, Kraton Kilen Pakualaman, Pura Mangkunegaran, Masjid Raya Sheikh Zayed, dan air zam zam," kata Mamuk Rahmadona saat ditemui di sela semaan Al-Qur'an di kediaman Erina di Dusun Purwosari, Mlati, Sleman, Yogyakarta, pada Kamis (8/12/2022).

Prosesi siraman Erina akan berlangsung pada Jumat (9/12/2022) di kediamannya, kemudian dilanjutkan dengan midodareni yang akan dihadiri calon pengantin pria beserta keluarga. Besoknya, Kaesang dan Erina Gudono akan menjalani akad nikah di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo.

Mamuk mengungkapkan, hingga hari ini pengantin belum menentukan jenis riasan pengantinnya. "Sampai sekarang juga masih surprise, mau paes ageng atau yogya putri," kata perias langganan Soimah Pancawati ini.

Suvenir berisi Al-Qur'an, sajadah, dan tasbih bagi peserta acara semakan Al-Qur'an di rumah Erina Gudono, Padukuhan Purwosari, Sinduadi, Mlati, Sleman, Kamis (8/12/2022).Tamu meninggalkan acara semaan Al-Qur'an di rumah Erina Gudono, Padukuhan Purwosari, Sinduadi, Mlati, Sleman, Kamis (8/12/2022). (Foto: Adji G Rinepta/detikJateng)

Menurut Mamuk, kedua paes tersebut tidak berbeda secara signifikan. Keduanya, menonjolkan keanggunan dan keagungan riasan pengantin khas Yogyakarta.

"Pakem dan konsepnya, sama-sama mewah dan megah, baik tatanan yogya putri dan paes ageng. Ketika diaplikasikan untuk Jeng erina, pasti akan jadi lebih mewah dan elegan," ungkapnya.

Tentu Erina bukan klien high-profile pertama pria 38 tahun ini. Namun, ada kebanggaan tersendiri bagi Mamuk bisa mendandani hari spesial calon menantun RI 1 tersebut.

"Bangga sekali. Pada dasarnya sama saja dengan mendandani klien yang lain, tapi ini orang spesial. Senang rasanya bisa mengabdi kepada keluarga orang nomor satu di Indonesia," ujar Mamuk yang lulusan Institut Seni Indonesia di Surakarta itu.

Mamuk RahmadonaMamuk Rahmadona (Foto: Daniel Ngantung/detikcom)
(dtg/dtg)