ADVERTISEMENT

Curhat Wanita Ini Nikah dengan Duda Tapi Takut Dinyinyirin Hanya Ingin Harta

Gresnia Arela Febriani - wolipop Kamis, 22 Sep 2022 21:00 WIB
ilustrasi menikah Ilustrasi pasangan pengantin. Foto: ilustrasi/thinkstock.
Malaysia -

Cinta tak mengenal usia, namun wanita ini malah merasa dilema karena pasangan hidupnya lebih tua dan mendapat tanggapan miring dari masyarakat terhadap dirinya.

Dia merasa galau pacaran dengan pria lebih tua dan berstatus duda. Dan pria tersebut dikatakannya lebih mapan dibanding pria lainnya. Wanita yang berusia 26 tahun itu mencurahkan hatinya lewat akun Twitter @twtmalaywedding.

Dalam curhatannya dia mengungkapkan kekhawatirannya akan dianggap negatif karena menikah dengan pria berstatus duda berusia 43 tahun. Ia mengungkapkan alasannya takut menikah dengan duda beranak tiga.

"Saya akan menikah dengan duda anak tiga dan umur dia sudah 43 tahun ini. Saya oke saja karena dia baik dan gentleman. Tapi satu saja yang saya mengganjal. Takut kena judge dengan saudara, orang kampung dan teman-teman. Saya takut ketika ingin memberi tahu teman-teman tentang pasangan saya itu," tulis salah satu wanita yang enggan disebut namanya.

Dikutip dari Mstar, wanita itu memilih untuk tidak membagikan detail kehidupan percintaannya di media sosial. Sebelumnya ia aktif mengunggah berbagai momen di akun Instagram. Ia sadar sikapnya itu akan mendapatkan berbagai reaksi dari teman terdekatnya.

Ia menegaskan jika memilih duda mapan tersebut sebagai suami bukanlah karena harta dan kemewahan yang dimiliki. "Teman-teman di depan saya tidak mengatakan apa-apa. Cinta itu buta tapi dia malah mengumpat membicarakan saya. Sedangan saya pilih dia bukan karena harta. Dia tidak langsung kaya karena keluarga dia dari dulu bukan dari kalangan yang berada. Tapi kini ia berhasil karena kerja kerasnya," tuturnya.

"Tapi orang bukan tahu dia dari miskin ke kaya, yang mereka tahu kalau menikah dengan orang tua atau duda karena harta. Itu yang membuat saya stress," ujarnya sedih.

Unggahan wanita asal Malaysia di Twitter itu langsung mendapatkan berbagai reaksi dari warganet. Rata-rata warganet memberikan saran agar wanita itu jangan mendengarkan komentar negatif tentang pilihannya.

"Menikah saja. Jangan pedulikan apa kata orang yang penting kita happy dengan hidup kita. Kurangi share suami di media sosial," saran salah satu netizen.

"Kalau ambil gambar dari belakang saja, ala-ala adjust. Jangan terlalu cemas dengan orang yang toxic. Kalau resah langsung block saja, biarlah tidak usah berteman," saut netizen lainnya.

"Kalau teman yang baik dia akan sama-sama gembira apabila kita sampaikan kabar gembira," timpal netizen lainnya.

Pandangan Psikolog Soal Stigma Menikah dengan Pria Lebih Tua dan Duda

Stigma masyarakat tak mungkin diabaikan kadang membuat ragu untuk melanjutkan hubungan ke tahapan yang lebih serius saat menjalin hubungan dengan pria berusia jauh lebih tua dan berstatus duda. Namun jika kamu dan si dia sudah sama-sama jatuh cinta dan memiliki niatan baik dalam hubungan, tentu menyerah bukanlah opsi yang baik.

"Kita nggak bisa mencegah orang untuk mmberikan stigma apa pun terhadap seseorang, kalau dibilang stigma, mungkin muncul karena ada sesuatu yang buat mereka percaya bahwa itu terjadi tapi sekarang kita tahu bahwa itu nggak selalu terjadi," ujar psikolog klinis dewasa, Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi, kepada Wolipop dibilangan Jakarta Selatan.

Psikolog lulusan Universitas Indonesia itu menambahkan, stigma sosial tentu bisa menjadi bumerang dalam hubungan kamu dan pasangan. Oleh karena itu, Wulan menyarankan agar tidak terpengaruh dengan omongan tersebut.

Senada dengan Wulan, psikolog Ratih Ibrahim juga menyarankan untuk meyakinkan diri dulu bahwa kamu memang sudah siap menerima pasangan yang lebih tua dan mungkin pernah beristri serta mempunyai anak sebelum memikirkan apa komentar orang lain.

"Ini adalah pondasi awal dari sebuah pernikahan dan dari sebuah tanggung jawab besar yang akan kamu jalani untuk masa depan kamu. Pastikan kamu sudah mempertimbangkan," papar Ratih.

(gaf/eny)