ADVERTISEMENT

Viral Baru Kenal 10 Menit Langsung Nikah Massal, Ini Kata Psikolog

Tim CNN Indonesia - wolipop Senin, 06 Jun 2022 11:30 WIB
Cropped shot of an unrecognizable newlywed couple doing a pinky swear gesture on their wedding day Foto: Getty Images/PeopleImages
Jakarta -

Pernikahan massal tanpa proses pacaran ini viral di media sosial. Baru kenal 10 menit, pasangan langsung menikah. Mungkinkah bisa langgeng?

Kisah pernikahan massal ini menjadi viral di TikTok setelah diunggah oleh salah seorang makeup artist yang bertugas mendandani pengantin di acara nikah massal tersebut. Sang perias mengaku baru pertamakali mendandani pengantin untuk menikah massal.

"First time ikut mekapin para mempelai nikah massal yang tiap 5 tahun sekali diadakan di salah satu pesantren salaf tertua di Sidoarjo," kata pemilik konten yang unggahannya diunggah oleh oleh akun Twitter @AREAJULID.

Dalam unggahannya, sang perias menjelaskan mempelai wanita menikah tanpa tahu siapa calon suaminya. Sosok sang calon suami baru diperkenalkan ke pengantin wanita 10 menit sebelum akad dilakukan.

"Dinikahkan tanpa tahu calon suaminya siapa, darimana, bagaimana orangnya, dan semua ketakutan yang kalian pikirkan tentang jodoh. 10 menit sebelum akad baru diumumkan siapa yang akan menjadi suami tiap mempelai nantinya.. Para orang tua wali pun tidak tahu anak-anaknya akan berjodoh dengan siapa," tulis perias pengantin dalam unggahannya.

Pernikahan massal yang viral karena baru kenal 10 menit ini membuat warganet bertanya-tanya. Apakah bisa pasangan menikah selamanya jika sebelumnya tidak saling mengenal.

Psikolog klinis Ohana Space Marissa Meditania mengatakan perkenalan sebelum menikah sebenarnya cukup penting dilakukan. Sebab ada banyak hal yang harus didiskusikan dan diketahui antar pasangan sebelum akhirnya memutuskan untuk tinggal bersama menjalani bahtera rumah tangga.

"Pasangan itu harus terbuka satu sama lain, dan 10 menit saja rasanya terlalu pendek untuk membicarakan empat pilar utama pernikahan," kata marissa saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (31/5).

Marissa menjelaskan ada empat pilar utama pernikahan yang harus dibicarakan sebelum proses akad berlangsung. Apa saja itu? KLIK DI SINI untuk meneruskan membaca.



Simak Video "Sultan! Viral Pernikahan dengan Mahar Mobil hingga Sapi"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)