Bacaan Lafadz Ijab Kabul Bahasa Arab yang Mudah Dihafal

Arina Yulistara - wolipop Senin, 27 Des 2021 05:30 WIB
Pasangan pengantin Romdoni dan Dini Larasati menikah di KUA Cimanggis, Depok, Minggu (21/6). Prosesi akad nikah masih menggunakan protokol kesehatan COVID-19. Ilustrasi lafadz ijab kabul bahasa Arab. Foto: Agung Mardika
Jakarta -

Mengucapkan lafadz ijab kabul Bahasa Arab bisa jadi pilihan pengantin yang akan menikah. Bagaimana lafadz ijab kabul Bahasa Arab?

Ijab kabul merupakan perjanjian yang dilakukan dalam suatu pernikahan sebagai ikatan antara mempelai pria dan wanita. Oleh sebab itu, jika ingin membaca lafadz ijab kabul Bahasa Arab harus dilakukan dengan benar dan tidak boleh ada kesalahan.

Kalau tak terbiasa menggunakan bahasa Arab mungkin bisa ada salah kata. Untuk itu, perlu menghapal bacaan lafadz ijab kabul Bahasa Arab dari sekarang agar tidak ada kesalahan saat akad nikah berlangsung.

Ada beberapa lafadz ijab kabul Bahasa Arab yang mudah dihapal dan disesuaikan dengan nama pasangan. Berikut dua bacaan lafadz ijab kabul Bahasa Arab yang mudah dihapal beserta latin dan artinya:

Lafadz Ijab Kabul Bahasa Arab 1:

Ini bacaan lafadz ijab kabul Bahasa Arab yang mudah dihapal:

أنكحتك وزوجتك مخطوبتك بنتي ________ علىالمهر --- حالا

Latin: Ankahtuka wazawwajtuka makhtubataka binti ________ alal mahri _______ hallan

Artinya:

"Aku nikahkan engkau, dan aku kawinkan engkau dengan pinanganmu, puteriku ______ dengan mahar _______ dibayar tunai."

Lafadz Ijab Kabul Bahasa Arab 2:

Ada pun lafadz ijab kabul Bahasa Arab yang mudah dihapal selanjutnya:

قبلت نكاحها وتزويجها على المهر المذكور ورضيت بهى والله ولي التوفيق

Latih: Qabiltu nikahaha wa tazwijaha alal mahril madzkur wa radhiitu bihi, wallahu waliyu taufiq

Artinya:

"Saya terima nikah dan kawinnya dengan mahar yang telah disebutkan, dan aku rela dengan hal itu. Dan semoga Allah selalu memberikan anugerah."

Kesalahan saat membaca lafadz ijab kabul Bahasa Arab tidak melulu terjadi karena kamu atau pasanganmu tak hapal tapi bisa saja karena gugup.

Oleh sebab itu, agar tidak ada kesalahan saat mengucapkan lafadz ijab kabul Bahasa Arab maka lakukan beberapa tips berikut:

1. Tetap tenang

Seperti dikutip dari detikNews, Kepala KUA Kecamatan Setiabudi, Madari, menyarankan untuk tetap tenang. Menurutnya, banyak calon pengantin yang merasa tidak tenang karena takut salah saat mengucapkan lafadz ijab kabul Bahasa Arab.

"Sebenarnya kuncinya tenang, dan saya selalu jelaskan kepada calon pengantin, yang bikin pengantin takut dan tegang itu karena ada yang kasih tahu ini (baca ijab-kabul) harus satu napas. Itu tuh yang bikin orang mau ijab-kabul kayak mau angkat barbel, padahal nggak begitu," papar Madari kepada detikNews beberapa waktu lalu.

2. Buat catatan kecil

Kamu atau pasanganmu bisa membuat catatan kecil berisi lafadz ijab kabul Bahasa Arab sebagai pengingat. Letakkan saja catatan kecil itu di atas meja ketika membaca lafadz ijab kabul Bahasa Arab.

Catatan kecil bisa membantu perasaan lebih tenang sebelum membaca lafadz ijab kabul Bahasa Arab. Calon pengantin juga tentu akan merasa lebih percaya diri dengan adanya catatan kecil tersebut.

"Itu juga teknis. Kita selalu penghulu itu menyiapkan teks tertulis, jadi pengantin baca saja deh. Jadi nggak mesti menghafal, yang penting walaupun baca tapi keluar dari hati. Ini bukan semata proses administratif, tapi proses ibadahnya di situ, gitu," kata Madari.

Apa kamu juga berencana menggunakan lafadz ijab kabul Bahasa Arab saat menikah nanti?



Simak Video "Rayakan 15 Tahun Berkarya, Phillip Iswardono Pamerkan Rancangan Busana Lurik"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)