Bermula di Mesir, Begini Asal Muasal Cincin Kawin

Jihaan Khoirunnisaa - wolipop Jumat, 18 Jun 2021 16:35 WIB
Miss Mondial Foto: Miss Mondial
Jakarta -

Cincin kawin tidak hanya sekadar perhiasan. Lebih dari itu, cincin kawin memiliki makna mendalam sebagai sebuah simbol untuk merayakan persatuan dua manusia, sekaligus komitmen calon pengantin untuk saling menemani seumur hidup.

Namun, tahukah kamu jika tradisi pemakaian cincin kawin dalam upacara pernikahan telah berlangsung ribuan tahun lalu di zaman Mesir kuno. Mengutip dari lama Asia tatler, pada saat itu masyarakat setempat percaya pada vena amoris, yang berarti urat cinta. Urat tersebut menyuplai darah dari jantung dan mengalir langsung ke jari ketiga di tangan kiri.

Hal tersebut yang kemudian melandasi pemakaian cincin nikah atau cincin kawin di jari manis tangan kiri. Meskipun beberapa budaya memilih untuk memakaikan cincin kawin di sebelah kanan. Sementara bentuk cincin dibuat melingkar. Hal ini untuk merepresentasikan siklus perkawinan yang tidak memiliki akhir. Bentuk ini juga berarti keabadian tanpa batas.

Kala itu, bahan cincin yang digunakan tidak awet sehingga harus sering diganti. Namun, seiring berjalannya waktu, mereka menemukan bahan yang lebih kuat untuk membuat cincin kawin. Tradisi memakai cincin kawin ini terus berlanjut sampai ke zaman Yunani Kuno, bahkan hingga ke masa kekaisaran Romawi 27 tahun sebelum Masehi.

Cincin yang semula dibuat dari akar rerumputan kemudian berkembang menjadi berbahan besi yang dinilai punya daya tahan lebih lama. Selanjutnya, cincin nikah mulai dikategorikan berdasarkan masing-masing kelas sosial. Seperti cincin kawin berbahan emas dan perak yang diperuntukkan bagi masyarakat kalangan atas.

Semakin lama, cincin nikah mulai bisa dikustomisasi, sehingga menambah nilai estetika dan tentunya lebih personal. Model cincin pun telah melewati serangkaian transformasi yang menjadikannya semakin modern dan rumit.

Tidak hanya itu, berlian juga kini mulai digunakan sebagai ornamen cincin kawin untuk menambah estetika keindahan. Seperti halnya cincin dengan berlian Mondial Excellent Cut (MEC) Ultimate dari Miss Mondial, yang cocok untuk dijadikan symbol of love dan commitment kepada pasangan.

Miss MondialKoleksi Celina Berlian MEC Ultimate Foto: Miss Mondial

Ragam cincin MEC Ultimate telah dilengkapi berlian MEC yang yang melampaui standar penilaian 4C triple excellent dari GIA yang kemudian disortir ulang melalui serangkaian penilaian sera penambahan spesifikasi pengukuran dengan teknologi terbaru di industri perhiasan berlian yang memperhitungkan unsur performa cahayanya (light performance) dari Sarine Technology.

Unsur kriteria sertifikasi light performance ini menambahkan dimensi baru pada penilaian berlian MEC, seperti sparkle, fire, dan brilliance, sehingga membawa pandangan yang lebih kaya, komprehensif, dan obyektif dari keindahan visual berlian. Informasi selengkapnya klik di sini.

(ega/ega)